Tentang Base dan Flyer

BASE
Base adalah orang yang bertanggungjawab atas berat badan flyer, serta bertugas sebagai pondasi bagi flyer dalam melakukan stunt. Pada dasarnya, ada dua macam base, yakni Back Base (Base belakang) dan Side Base (Base samping). Dalam beberapa stunt, kadang ada pula yang berperan sebagai spotter, yang tugasnya untuk membantu flyer dalam membangun stunt, tanpa menjadi pondasi seperti halnya base.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan base saat melakukan elevator (sebagai dasar bagi stunt lainnya) adalah sebagai berikut:
?
BAGI SIDE BASE:
a. Kaki harus ditahan, tidak boleh bergerak sama sekali.
b. Jangan pernah melepas pandangan dari flyer dari awal hingga akhir stunt, selain untuk menjaga sinkronisasi dari stunt, juga agar selalu siap untuk menangkap flyer bilamana jatuh.
c. Siku harus menempel pada badan, jangan menggantung di depan badan.
d. Side Base adalah yang menanggung sepenuhnya berat badan flyer pada saat load-in. Untuk mengangkat, selalu gunakan tangan dengan bantuan dorongan kaki, jangan pernah menggunakan punggung.
?
BAGI BACK BASE:
a. Dianggap sebagai pemimpin dari stunt, karena memiliki pandangan yang paling luas dalam stunt tersebut, dan biasanya dia pula yang melakukan hitungan.
b. Tugasnya adalah mengontrol flyer dalam menjaga keseimbangan.
c. Pada saat full extension, tangan harus berusahan meraih pergelangan kaki flyer setinggi mungkin.?
?
Secara umum, hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang base adalah sebagai berikut:
a. Posisi Tubuh yang baik. Kaki dibuka selebar bahu, dan selalu perhatikan jarak dengan base lainnya, agar posisi kaki flyer nantinya juga kira-kira selebar bahu.
b. Jangan pernah berbicara! Hanya orang yang memimpin (biasanya back base) yang boleh berbicara, yakni memberi aba-aba. Ini penting untuk menjaga konsentrasinya maupun base yang lainnya.
c. Nyali! Seorang base harus memiliki nyali yang tinggi, karena jika flyer jatuh, hanya base-lah yang berada antara flyer dengan lantai, dan harus siap untuk menangkap flyer, bukannya berlari menghindar.
d. Selalu mengangkat dengan tangan dan dengan bantuan kaki. Jangan pernah menggunakan punggungmu untuk mengangkat, karena bisa mendatangkan cedera serius.?
?
FLYER
Batasan berat ata pun tinggi untuk menjadi seorang flyer adalah sangat relatif, tergantung dari tingkat skill dan kekuatan yang dimiliki flyer maupun base. Pada dasarnya memang anggota yang lebih kecil dan ringan lebih mungkin untuk berada di atas dan terbang, namun sebenarnya bukanlah itu yang diperlukan untuk menjadi seorang flyer. Kemampuan untuk menahan/menanggung berat badannya sendiri adalah faktor utama dalam menjadi seorang flyer. Pada umumnya pula, flyer adalah lebih kecil dari base, namun ini juga tidak selalu benar, karena faktor lain yang penting untuk menjadi seorang flyer adalah mempunyai keseimbangan yang baik, teknik yang benar, serta tidak takut akan ketinggian.

Jika kamu ingin menjadi flyer yang baik, yang pertama adalah harus menguasai rasa takut akan ketinggian. Kamu harus merasa nyaman dengan keadaan dimana anggota lain akan mengangkatmu sampai 3-4 tingkat, atau melemparmu ke udara. Jika kamu telah mengatasi hal tersebut, hal berikut yang perlu kamu miliki adalah memiliki keseimbangan yang baik. Mulai berlatihlah dengan berdiri dengan satu kaki selama 30 detik tanpa bergetar/goyang sedikit pun. Setelah kamu telah mampu melakukannya, cobalah ambil sebuah kursi, lalu melompat ke kursi tersebut, dan langsung berdiri dengan membentuk High-V, seolah-oleh sedang melakukan elevator. Jongkok, melompat, dan berdiri, serta dengan segera kunci seluruh tubuh agar tidak bergetar. Selanjutnya, coba lakukan dengan satu kaki, seperti melakukan liberty. Ini mungkin akan sedikit sulit, namun teruslah berlatih. Tahapan selanjutnya, coba lakukan semua hal di atas tadi, namun hanya dengan separuh telapak kakimu yang menyentuh kursi.

Jika kamu telah berhasil melakukan semuanya tanpa badan bergetar dan dengan mengunci tubuh dengan baik, maka kamu telah siap untuk “terbang” !!
?
Hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang flyer, terutama saat load-in elevator:
a. Saat berada di atas maupun pada saat load-in, fokuskan pandangan pada sesuatu yang berada sejajar dengan mata anda, jangan pernah melihat ke bawah.
b. Pada saat di atas, kaki tidak boleh pernah lebih lebar dari bahu.
c. Badan harus selalu dikunci, dijaga agar tidak bergerak dan bergetar, demikian juga dengan kaki, selalu dikunci segera setelah berdiri pada tangan base.
d. Hilangkan rasa takut akan ketinggian, selalu yakin dan percaya jikalau pun kamu jatuh, base akan selalu siap untuk menangkapmu.
e. Seorang flyer harus bisa menahan berat badannya sendiri, dan merasa ringan saat berdiri di tangan base.
f. Selalu ketahui terlebih dahulu apa yang akan kamu lakukan, mulai dari saat load-in, hingga saat dismount., sehingga kamu benar-benar siap untuk melakukan stunt.
(diambil dan diterjemahkan dari American Cheerleaders Association)

Use Facebook to Comment on this Post