Tips Melatih Kelenturan

? Istiliah “kelenturan” mungkin terdengar sedikit asing bagi sebagian dari kamu. Yang jelas, istilah aslinya, “flexibility” adalah suatu hal yang sangat penting dalam Cheerleading. Kelenturan berhubungan erat dengan kemampuan gymnastic kamu. Kamu tidak akan bisa melakukan split (straddle), heelstretch, scorpion, dan sebagaianya, jika tanpa memiliki kelenturan yang cukup. Kelenturan tubuh pada sebagian anak bersifat genetik, artinya tanpa latihan pun struktur tubuh mereka sangat lentur, sehingga mampu? melakukan hampir semua gerakan gymnastic. Namun pada sebagian besar anak, kelenturan tubuh tidak datang dengan sendirinya, melainkan memerlukan latihan yang cukup intensif dan serius.

? Ada dua hal penting yang HARUS SELALU DIINGAT dalam usahamu meningkatkan kelenturan. Yang pertama, “Use it, or Lose it (Gunakan, atau hilang). Artinya adalah bahwa semua otot tangan, otot kaki dan tulang, harus selalu “diingatkan” bagaimana caranya untuk lentur. Otot dan tulang yang lama tidak dilatih akan “lupa” bagaimana caranya untuk menjadi lentur. Yang kedua, “Over Time, Not Overnight (Jangka Panjang, bukan Jangka Pendek). Ini berarti bahwa meningkatkan kelenturan tidak dapat dicapai hanya dalam satu malam saja, melainkan melalui latihan yang konsisten. Berlatihlah pada setiap kesempatan, saat nonton TV, saat menelepon, membaca majalah, atau saat sambil duduk di depan komputer.?
?
?
Berikut beberapa tip dalam melatih kelenturan:
– Lakukan stretch setiap hari, jika memungkinkan.
– Selalu lakukan pemanasan sebelum melakukan stretch.
– Tahan setiap stretch selama 10-30 detik, lalu istirahat sebentar, dan ulangi kembali.
– Lakukan tahap demi tahap, jangan memaksakan langsung ingin mencapai yang terbaik.
– Saat kamu merasa kemampuanmu sudah meningkat, cobalah tingkatan yang lebih sulit, tanpa memaksakan hingga sakit.
– Bernafas dengan benar. Hembuskan napas saat akan mulai stretch, lalu santai dan lakukan napas dengan normal dan konsentrasi. Jangan menahan napas saat melakukan stretching.

Use Facebook to Comment on this Post

1 Comment on "Tips Melatih Kelenturan"

  1. disini ditulis tips dalam melatih kelenturan, tapi bagaimana untuk orang yg gemuk? apa tips tips nya untuk membuat tubuh lentur?

Comments are closed.