SCP CHEER EMAS 2006 – Malaysia

SCP Cheer Emas 2006Ternyata Cheerleaders di Negara Malaysia jauh lebih maju dibanding di Indonesia, lho! Redaksi ICC menjadi saksi dalam menyaksikan kehebatan tim-tim Cheers Malaysia bertanding saat mendapat kehormatan sebagai Juri dalam SCP Cheer Emas 2006 di South City Plaza, Kualalumpur, Malaysia, pada tangga 1 dan 2 April 2006 yang lalu.
Kompetisinya dibuka sama Deputi Perdana mentri, lho!Dengan undangan resmi untuk menjadi juri dari panitia penyelenggara serta akomodasi yang ditanggung, Redaksi Indonesian Cheerleading Community berangkat ke Malaysia dalam CHEER EMAS 2006. Redaksi sangat terkesan dengan perkembangan dunia Cheerleaders Malaysia.Pihak otoritas pemerintah Malaysia rupanya cukup serius memandang dunia Cheerleader, yakni dengan mendatangkan Datuk Dr. M. Kayveas, Deputi Perdana Menteri Malaysia, untuk meresmikan pembukaan kompetisi. Selain itu, Malaysia juga telah menerapkan Standar Cheerleader Internasional sejak sekitar 5 tahun lalu, setelah mendapat bimbingan rutin tiap tahun dari British Cheerleader Association (BCA). (Untuk melihat Standar dan Peraturan Kompetisi dalam kompetisi ini, silahkan klik disini). Mereka telah sangat menyadari pentingnya standar dalam olah raga Cheerledaer. Arena kompetisi yang digunakan pun memenuhi standar, yakni dengan menggunakan matras gymnastic yang dibalut dengan karpet, dengan luas 10 meter x 10 meter. Tim-tim Cheerleader Malaysia sudah paham betul tentang pentingnya “teknik yang benar”, serta memperhatikan betul aspek “safety” dalam dunia Cheerleader. Kendati pyramid yang diijinkan untuk tingkat SMU hanya 2 tingkat, namun dengan eksekusi yang sangat mantap (sharp), decak kagum serta tepuk tangan penonton pun tidak henti mengalir menyaksikan penampilan tim-tim yang tampil. Beberapa stunts yang dilakukan pun memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, seperti full twist craddle, teknik yang sempurna dalam basket toss toe touch, liberty, single-base stunt, dan sebagainya.

Suasana Kompetisi SCP Cheer EmasWah, rasanya nggak bakal habis pujian redaksi untuk Cheerleader di Malaysia, salut deh pokoknya. Singkat cerita, dari sekian tim yang tampil, ada 2 tim yang sangat menonjol, yakni EXTREME MALAYSIA ALL STAR dan CHARM ALL STAR. Kedua tim ini menyertakan pria dalam tim mereka dengan sangat efektif, sehingga penampilan yang disuguhkan pun sangat atraktif. Kedua tim tersebut juga beranggotakan beberapa orang dari Persatuan Senam Malaysia, sehingga tumblings seperti fronthans spring, backhand spring, bahkan back tuck pun dilakukan dengan sangat fasih. Single base stunt (stunt dengan hanya satu base) pun ditampilkan dengan sangat rapih. Namun demikian, tim EXTREME ALL STAR melakukan beberapa kali kesalahan/stunts gagal, sehingga mendapat pengurangan poin yang cukup signifikan. Selain itu pula CHARM ALL STAR terlihat tampil lebih all out, penuh semangat, dan nyaris tidak melakukan kesalahan sama sekali.

Hasil kompetisi SCP CHEER EMAS 2006 adalah sebagai berikut :
Juara I : CHARM ALL STAR, mendapat Piala bergilir, Medali untuk tiap peserta, serta uang hadiah 3000 Ringgit Malaysia.
Juara II : EXTREME MALAYSIA ALL STAR, mendapat piala, medali untuk tiap peserta, serta uang hadiah 1500 Ringgit Malaysia.
Juara III : SHEWANAS, mendapat piala, medali untuk tiap peserta, serta uang hadiah 1000 Ringgit Malaysia.

Tebak Juri dari Indonesia yang mana hayoo?Dalam kesempatan ini pun Redaksi sempat banyak berdiskusi dengan 2 rekan juri lainnya dari Rangsit Cheerleading University (Thailand), dan dari Denver Cheerleading (Singapore), serta pihak panitia dari Malaysia, dan mereka sangat terkejut mendengar cerita tentang keadaan dunia Cheerleaders Indonesia yang tidak menggunakan standar Internasional, dimana tidak banyak tim yang mengetahui tentang cara melakukan stunts yang benar dan safety, serta pyramid bisa dibikin setinggi-tingginya, bahkan sampai 4 tingkat! Hal ini sangatlah tidak benar dan berbahaya. Mereka sangat menyarankan untuk segera menggunakan Standar, untuk membawa Cheerleader ke arah yang seharusnya, yakni sebagai suatu olah raga yang mampu bersaing dengan negara lain.

Yah, demikian dulu cerita Redaksi dari Negeri Jiran, kapan-kapan kita sambung lagi, ok? Berikut beberapa koleksi foto lainnya dari SCP Cheer Emas 2006:

Salah satu tim yang ikut serta, ZEALOUSSalah satu tim yang tampil, Chewanez
Full Twist, by Extreme Malaysia All StarAda sesi feedback dari Juri juga, lho.
Tim yang nggak juara pun tetep senyum!Chewanaz, Juara III
Extreme Malaysia All Star, Juara IIMejeng bareng rekan juri dan panitia.
Charm All StarCharm All Star - Juara I

Use Facebook to Comment on this Post