Sejarah Cheerleading di dunia

Kalau kamu cinta dunia cheerleading kamu juga harus tahu sejarah awal mula olahraga ini muncul di dunia. Nah redaksi akan memberikan sedikit bocoran tentang itu, tentu saja informasi ini kami kumpulkan dari berbagai sumber dan referensi. Pasti berguna buat kita semua, setuju?

Pertama kali cheerleading dimulai sebagai olahraga yaitu di Princeton University pada sekitar tahun 1880 sebagai usaha untuk memancing penonton agar ikut memberikan semangat kepada tim football sekolah mereka.
Walaupun sampai saat ini hampir 90% cheerleader adalah wanita, pada awalnya cheerleading didominasi oleh pria. Wanita baru mulai tertarik menjadi cheerleader pada sekitar tahun 1920 dikarenakan terbatasnya cabang olahraga untuk wanita di universitas pada saat itu.kemudian pada sekitar tahun 1940, cheerleading menjadi salah satu olahraga yang paling diminati oleh wanita.
Cheerleading selalu berada didekat American Football, dan kemudian mulai dilirik sebagai pendamping pada cabang olahraga Basket. Terkadang kita juga bisa menyaksikan penampilan cheerleader di olahraga ; Sepak bola, Hoki, dan Gulat. Tetapi tidak di olahraga Baseball.

Tenang aja, artikel -artikel lain yang berhubungan dengan olahraga ini tentu akan kami muat di edisi berikutnya, jadi jangan malas buka website ini ya.. di jamin kamu akan jadi banyak tahu segala sesuatu tentang cheerleading!!

Use Facebook to Comment on this Post

2 Comments on "Sejarah Cheerleading di dunia"

  1. Hay, , , selamat tuk website cheerleading pertama di Indonesia ini.
    Salam kenal, namaku safa dulu waktu SMA aku sempat menjadi kapten cheerleaders di TOC (cheers SMA 31) Setelah lulus aku sempat melatih 2 angkatan cheers juniorku, tapi sekarang karena sudah kuliah jadi tidak sempat lagi. Namun, kecintaanku kepada cheerleading tidak berhenti sampai disitu karena dalam dunia kuliah yang aku jalani sekarang ternyata juga dapat melepaskan kerinduan akan hal ini. Aku kuliah di Jurusan Sejarah Universitas Indonesia dan berencana mengambil Kajian Sejarah Amerika, sewaktu tugas akhir semester kemarin aku menulis makalah tentang cheerleader. Hal ini menarik perhatian orang-orang sekitarku dari teman hingga dosen… Akhirnya ku mendapat nilai yang cukup memuaskan, aku mendapat referensi tentang cheerleader melalui website ini dan beberapa lagi dari website luar negeri. Malah sempat terpikir olehku untuk menulis skripsi tentang cheerleaders nantinya. Mungkin akan bertolak pada sejarah Cheerleader Amerika namun, hal ini juga penting bagi perkembangan cheerleading di tanah air kita. Paling tidak sebagai sebuah bangsa yang besar, Amerika Serikat telah menunjukkan keseriusannya dalam melestarikan budaya cheerleading yang telah berumur lebih dari satu abad itu dan telah melahirkan tokoh-tokoh penting (sebut saja, presiden George W. Bush, presiden Eisenhower, Reagen, artis Paula Abdul, dll)
    hal penting lainnya adalah cheerleading sebagai wadah bagi generasi muda yang positif dalam membentuk kepribadian guna membangun bangsa…
    So, at last but not the least, More Power For Indonesian Cheerleading!!!

  2. ICC,, yang bru mana yaa,, kok kayakx blm ada yg brubah???

Comments are closed.