It’s My Team Cheerleading Competition

Gravity - SMA Yakobus JakartaKreasi Cinta Negeri dan Pasaraya Grande bekerjasama dengan ICC menyelenggarakan It’s My Team Cheerleading Competition 2007 yang berlangsung di outdoor Pasaraya Grande Blom M, pada tanggal 29 Juli 2007. Acara yang memperebutkan total hadiah uang tunai 5 juta rupiah dan berbagai produk sponsor ini diikuti oleh 10 tim Cheerleader di Jakarta, yakni : PKC (SMA 70), B’Sterizo (SMA 72), Dazzle (SMA 47), Wizards (SMA Yadika 5), Gravity (SMA Yakobus), T.E.C (SMA 108), Gazelles (SMA 82), Vanquisher (SMA 90), B.S.T (SMA 72) dan Quinzhe (SMA 15).

Kompetisi yang berlangsung untuk tingkat SMA ini menggunakan standar peraturan dan formulir penilaian dari International Federation of Cheerleading (IFC), dan salah satu jurinya, Oki, merupakan salah satu dari 2 orang yang merupakan satu-satunya yang mengantongi sertifikat kepelatihan Cheerleading International, IFC Coaching Class II Certificate. Selain itu pula kompetisi berlangsung di atas matras, yang merupakan suatu standar yang baik dalam sebuah kompetisi Cheerleading, dan resiko cedera pun semakin diminimalisasi dengan hadirnya 3 orang spotter (safety guard) yang terlatih dari ICC, Pleti, Edo, dan Fahmi, yang merupakan anggota tim ICC All-Stars yang pernah mengikuti Cheerleading International Open 2007 di Jepang bulan Maret 2007 lalu.

Gravity - SMA Yakobus JakartaIt’s My Team Cheerleading Competition berlangsung dengan sangat seru dan kompetitif. Semua tim menunjukkan peningkatan dari segi teknik Cheerlading, serta sudah mulai mengikuti dasar-dasar Safety Guideliness dari IFC. Ada satu tim yang memberi kejutan dan perlu untuk diberi catatan disini, yakni Gravity (SMA Yakobus). Kendati hanya tampil dengan 11 orang, dan kostum yang sedikit “nyeleneh” untuk ukuran kostum tim Cheerleader, namun Gravity menampilkan pyramid dan stunts dengan teknik kesulitan yang sangat tinggi. Sepanjang ingatan kami, dalam kompetisi ini, Gravity menjadi tim all-female pertama di Indonesia yang membuat pyramid 2-2-1 dengan base shoulder stand (bukan elevator), selain itu juga full extension scorpion, dan chair, yang notabene mempunyai tingkat kesulitan sangat tinggi. Selain itu pula, ekspresi, dance, dan tumblings-nya nyaris sempurna. Seingat kami hanya ada satu atau dua anggota wanita yang melakukan round-off dengan teknik sempurna, salah satunya adalah dari Gravity. Namun sayang sekali, dalam penampilannya saat itu Gravity banyak sekali melakukan kesalahan, terutama stunts dan pyramid yang gagal atau goyang (wobbling), sehingga sangat mempengaruhi penilaian dari Juri, khususnya dalam kategori “Perfection”, yang merupakan salah satu kriteria yang signifikan dalam form penilaian IFC, yang menyebabkan Gravity terlontar dari 3 besar dan hanya berhasil meraih peringkat ke-4 dalam kompetisi ini.

Selain itu juga, B.S.T dari SMA 72, tampil mengesankan, kendati mengaku persiapan mereka sangat minim untuk kompetisi ini. Tampil dengan beberapa anggota pria, B.S.T layak untuk meraih nilai sempurna untuk kriteria partner stunts, pyramid dan Overal Difficulty (tingkat kesulitan). Selain itu juga B.S.T tampil nyaris tanpa cacat, selain dari tampak kurang siapnya beberapa anggota dalam Cheers & Chants (Yell). Kendati akhirnya meraih juara 3, namun B.S.T masih perlu berlatih lebih keras lagi untuk aspek selain Pyramid & Stunts, khususnya jumps, tumbling, dan sharpness dari motion. Selain itu pula masih terlihat anggota pria belum bisa mengimbangi ekspresi dari anggota wanita yang sudah sangat bagus.

Vanquisher - SMA 90 JakartaTampil sebagai juara pertama dan kedua dalam kompetisi ini adalah Gazelles (SMA 82) dan Vanquisher (SMA 90). Persaingan yang amat sangat ketat terjadi antar dua tim ini, terlihat dari hasil akhir penilaian juri yang hanya terpaut 6 poin!! (Gazzeles 249, Vanquisher 243). Kedua tim sangat layak untuk memperoleh nilai sempurna untuk kategori ekspresi, partner stunts, pyramid, dan Overall Difficulty. Vanquisher, yang meraih juara II, sebenarnya tampil nyaris sempurna dalam kompetisi ini, selain dari sedikit salah hitungan saat akhir routine, sehingga musik berhenti sesaat sebelum pyramid terakhir selesai.

Gazelles - SMA 82 JakartaGazelles (SMA 82) yang meraih juara pertama pun bukannya tampil tanpa cacat. Setidaknya ada satu pyramid yang wobbling (tidak stabil), satu anggota yang terjatuh, serta satu anggota yang lupa blocking. Hal ini sangat berpengaruh dalam kriteria “Perfection” dalam formulir penilaian. Namun secara keseluruhan, dari hasil penilaian 3 juri yang bertugas hari itu, Gazelles akhirnya berhasil unggul dari Vanquisher dan meraih juara I, membawa pulang Piala, Uang Tunai 2 juta rupiah, dan produk dari sponsor.

Sekali lagi, selamat buat yang juara, dan yang belum beruntung jangan pernah patah semangat! Latihan lagi lebih giat, dan tunjukkan yang terbaik di kompetisi berikutnya!

Juara I : Gazelles (SMA 82 Jakarta)
Juara II : Vanquisher (SMA 90 Jakarta)
Juara III : B.S.T (SMA 72 Jakarta).

Download Rekap Penilaian dan Ringkasan Total Nilai It’s My Team Cheerleading Competition.

Use Facebook to Comment on this Post

22 Comments on "It’s My Team Cheerleading Competition"

  1. hmmmmm……..

    Foto Gazzeles kok pyramidnya mirip One cheers (cheers yg dari bandung wktu di Atrium) yah..!!

    Tapi sukses bwt perkembangan cherrs deh..

  2. mo nanggepin pendapat “CheersHolic” di atas :
    Dalam cheerleading, GA ADA yang namanya pyramid nyontek. Karena emang variasinya ya cuma gitu-gitu aja, sekarang tergantung gimana cara bikinnya, apakah base-nya elevator atau shoulder stand, apakan layer ke-3-nya di ground up, toss up, arm toss, atau yang lainnya. gitu. So, it really doesn’t mater, soalnya ya yang gw bilang tadi, GA ADA yang namanya pyramid niru dalam Cheerleading.. Kalo mau diusut-usut, bahkan yang menyebut dirinya pemakai pyramid pertama di Indonesia pun pasti niru dari luar negeri juga.. 🙂 Gw slalu menganggap (at least dalam cheerleading), MENIRU ADALAH PROSES KREATIVITAS. Jangan dikira niru itu gampang.. 🙂 lagian kan Cheers Indonesia masih dalam proses belajar dan berkembangan, jadi ga ada masalah dengan tiru meniru pyramid, asal tau persis tekniknya, jangan asal niru tapi pake teknik yang salah dan nggak aman, ok?
    Maju terus Cheerleading Indonesia!!!

    Cheers,
    OKi T.
    ICC President

  3. CheerSHolic | July 31, 2007 at 5:45 am |

    maksudnya mirip tuh variasinya..!!
    kaya yg nunjuk2 gtu deh trus yg kakinya satu lurus satu bengkok,
    pokoknya yg kaya di foto.
    soalnya pas diAtrium gw liat cman onecheers aja yg pake piramid kya gitu.
    sedangkan gazelles ga pake piramyd itu..
    tpi pas di Pasaraya Grande gazelles bru pake pyramid kya gitu..
    gw ga bilang niru kok,cuman mirip bgt..

  4. Woiiiiiiiiiii,,
    santai-santai…
    ka oki..
    hayaaah..
    se[erti bertengkar niih..
    aku sendiri yang bikinnya koo,,
    hehe.. aku juga merasa gak niru c sebenernya,,
    trus kalo pyramidnya sama sama emang GA APA_APA no problem kali..
    hihihihi,,
    cuman posenya aja kali yahh??
    jadi bikin orang yang liat merasa sama aja,,
    ok ok pok??
    jadi tertantang neeh buat bikin kreasi yang baru,,
    ada yang lain yang mau menanggapi gak??

    KOMENTAR OKI : Mauuuu ! 🙂 hehe.. lagian sapa yang bertengkar, Cha, khan cuma beradu argumen.. ;p nyante.. nyante.. 🙂
    pokok’e ya menurut pendapat gw ya itu, ga ada yang namanya pyramid niru atau nyontek.. kita semua kan masih dalam proses belajar, jadi wajar aja kalo pyramid-nya sama smua.. liat aja skarang hampir smua tim yang diajar anak2 ICC (Jakarta dan Bandung) pasti ada pyramid 4-2-1. Ga masalah sama sekali. Sekarang tinggal gimana teknik dan eksekusinya aja.. Setuju?… Setujuuuu! 🙂

  5. vanquisher .
    idola ku dari dulu .
    hhe .
    keren bgt !!!

  6. setujuuuu…uda-uda,maaf2 d y kalo ada yg ngerasa pyramidnya dsamain=) besok-besok gw bikin shoulder stand smwa basenya gmna?terus tangannya gw bikin punch-up?terus naeknya gw bikin toss-up?ato kakinya dbikin heel strech az?hmm,bisa2 az sih sbnernya.. itu gazelles saking nge-fans nya az sm smansa x)…tapi ga lagi2lah,nti dsangkanya gw ga kreatif lagi;p pdhl teknik dasar nya qta2 jg yg ngajar,hahahaha..piss!uda atuh, cheerleading indonesia ko’ begini2az masalahnya??buat cheersholic,kamu up to date y d FS-nya cheers 82 (gazelles_82cheers@yahoo.com) u’ll be surprised for what we can do!!-cheers4life –

  7. Monn.. makasiiii..
    jadi semangat neehh.. tungguin vanquisher lagi yaa..

  8. mo nambahin dong,kreatifitas emang gak pernah ada batasannya,jadi setuju ama kak anon,bisa aja cara bikinnya sama cuma mungkin ada beberapa hal yang di rubah pas piramidnya dah jadi,ok guys,buat cheersholic thank banget ya lu dah merhatiin banget cheers bandung/jakarta,

  9. KaPaN BiSa iKuT LOMBa TruS MenanG BiSa nYenenGin Ka aNoN SaMa Ka aMi uNTuK TeRaKHiR KaLiNYa

  10. MaKaSiH UnTUK KeDuanYa

  11. KeNanGan YanG Ga aKaN Gw LoPaiN SeUmuR HiDuP
    iKuT CheeRs YanG Di LaTiH SaMa Ka aNoN DaN Ka aMi

  12. 4 jemy…
    thanx 4 keeping your faith in us!!
    untuk jadi hebat ga cuma perlu latihan…tapi perlu rasa takut,deg-degan ampe mules,ngerasain malu yang sangat hebat…but u passed all of that!!(sorry klo grammarnya ngaco..hehehehe) lu uda brani tampil sendirian tanpa temen2lu!!
    I salut u!! itu yang bikin lu jadi cowok paling keren di seluruh sekolahaan..hehehe
    go jemy!!!

  13. It`S My TeaM

    KaMi aWaLi DenGaN MeMpeRSiaPKaN DiRi
    BerDoa MeMoHoN KePada TuHan
    SeMoGa DiKabULKan
    aPa YanG KaMI HaraPKan
    KaMi TeTaP SeManGaT
    WaLau HaruS BerManDiKan KEriNGaT
    KaMi TeRuS MenCoBa
    aGar DaPaT SemPuRNa
    KaDaNg aiR Mata JatUh DiPiPi
    TanPa Kami SaDari
    KaDaNg LeLaH Dan LeTiH
    MenYeLiMuTi TuBuh Ini
    TaPi HanYa SenYum BaHaGia
    YanG DapaT MEruBaH SuaSaNa DaN SeMaunYa
    KaMi SaTuKan TeKaT DaN KeBeRaNiaN
    uNTuK BerDiRi DITEmPaT PeNenTuaN
    KaMi TeRiaKan SLoGan TeaM KaMi
    DaN KaMi MuLaI BerLaRi KeDePaN JuRi
    DenGan SenYuM CeRia
    DenGan PeCaYa DiRi YanG TinGgi
    DenGan iLMu YanG KaMi PeLaJaRi
    KaMi MeLanGKah DenGan PaSTi
    DeNGaR MuSiK BeRDeTaK
    KaMi MuLaI BeRGeRaK
    DaN KaMi MuLai BerSoraK
    KaMi BuaT FoRMaSi
    YaNg TeLaH DiaJaRi
    KaMi SiaP MenGanGKaT BeBan
    DeMi KeBerHaSiLaN
    Kami SiaP MeLomPaT KeUdaRa
    DeMi KeSuKSeSan
    KaMi SiaP MeNanGKaP BeBaN
    DeMi KeMeNaNGan
    KaReNa KaMi aDaLaH
    TeaM PeManDu SoRaK

    iNi PuiSi aPa BuKaN Ya iSenG – iSenG JaDi
    iNi BuaT: Ka aMi Dan Ka aNoN
    TeaM Ku T.E.C
    TeaM ICC KaLo Mau
    DaN TeaM CheeR YanG aDa Di INDONESIA

    TeRiMa KaSiH UDaH MaU BaCa
    MoHoN MaaF KaLo aDa KeSaLaHaN PeNuLiSan
    SoaLnYa DaDaKan CuMa iSenG iSeng Di WarNeT

    KiRiM SaRaN Dan KrITiK KaMu
    Fs :JeMy_JeMz@yahoo.co.id
    Email : Shailendra@plasa.com

  14. ga bisa ngomong apa2…pengen nangis gw bacanya…tau de klo anon yg baca…just keep the spirit dude..just keep your faith for what u believe in…cu at practice..

  15. GRAVITY keren bangettttttzzzzzzzzzz!!!! beda bangetz ama cheers2 lain,,,,
    kaget juga ada cheers yang kayak gitcu.. baju, make up sm dance nya KEREN!!!!!!!
    mungkin ini dia yang disebut kreatif dan original kali yawh…
    daripada marah2 ditiru dan meniru mending bikin yang lain drpd yang lain….SETUJU????
    btw,
    sekolah yakobus dimana siy? mau donk liat latianya!!!!
    coachnya siapa? yang kembar bukan?
    THanks!! KeeP On CheERing!!!!!!!!!!

  16. Bwat Jemy jemz puisinya keren bangeEeeEt
    Pokoknya Qta Banget ,,kynya puisi itu bener-bener ngewakilin perasaan semua cHeers di Indonesia..
    ma kita ditulis lho puisinya …
    Gpp khan ???
    hUeheu ,
    We lUv cHeerLeading
    kEep rOck CheeRs Indonesia ..
    Yeah!!!!!
    Cheers One olweyz in our heaRt !!!
    hohohooo …….

  17. GPP KaLo KaMu SuKa
    aSaL JanGan DiBaJaK
    oH Ya You DaRi SKoLaH MaNa ?
    aTaU aNaK ICc

  18. jemmy keren bgt .

    boleh aku minta yah .

    mo aku kirim ke anak cheers12 .

    boleh g ?

  19. vanquisher we’re waiting your performence again.,!

  20. KaLo Mau MinTa Ga aPa aPa
    aMbiL aJa iTu KenanG”
    Gw BuaT CheeRs
    KaReNa Gw UdaH KlaS 3
    JaDi HaRuS SeRiuS BeLaJaR
    BuaT MaSa DePan

    YanG Mau SilaHKan
    TaPi HaruS DiCanTuMinYa Nama PenGaranGnYa Ya ^^
    JanGan DiaKu-DiaKuiN

  21. Cheer uP…
    ThaNkiiuu hWhw..
    mw ng.raLat DQt nie..
    Qt kdnG mG Lat ma c KEMBAR =P
    tP pLatih Qt yG x.BnerNa WENDY ZELDa heLLing!! WKWK…

  22. bagus dan disiplin pengen dech punya team kaya gtu………………………………………………………………………

Comments are closed.