Pangudi Luhur Cup 9

SMP Tarakanita 5 JakartaSMP Pangudi Luhur Jakarta menyelenggarakan Pangudi Luhur Cup 9, pada hari Sabtu, 18 November 2007, di lapangan basket SMP Pangudi Luhur Jakarta. Dalam acara ini, salah satunya diselenggarakan kompetisi Cheerleading tingkat SMP, yang diikuti oleh 8 peserta,yaitu : SMP 19, SMP Bunda Maria, SMP 12, SMP Pembangunan Jaya, SMP 161, SMP Tarakanita 5, SMP 115, dan SMP 11. Kendati cukup seru dan menghibur, kompetisi cheerleading di PL Cup belum sepenuhnya aman. Hal ini dapat dilihat dengan tidak disediakannya matras dan Safety Guard ditambah lagi masih banyak tim Cheerleader SMP yang belum menggunakan teknik Cheerleading yang benar dan AMAN, padahal justru pengenalan teknik Cheerleading yang baik dimulai dari sedini mungkin. Beberapa hal yang diperhatikan oleh redaksi :

1. Banyak tim yang ketika membuat stunt atau pyramid, base-nya tidak melihat ke arah flyer,dan lebih cenderung menghadap kamera,hal ini sangat berbahaya karena gerak refleks para base akan menjadi kurang cepat apabila terjadi sesuatu pada flyer.

2. Beberapa tim tidak menggunakan spotter ketika membuat half ekstension dan cradle, padahal stunt yang dilakukan pun masih wobbling atau goyang. Half ekstension tanpa spotter hanya boleh dilakukan jika partner stunt tersebut sudah benar-benar stabil dan pada tim yang sudah advanced.
Hal ini tidak berlaku pada pembuatan pyramid, setiap pyramid harus dilengkapi dengan spotter untuk setiap flyer yang berada di atas. Apalagi banyak tim yang pyramid-nya belum stabil tetapi sudah membuat lebih dari 2 layer (lebih dari 2 tumpuk) tanpa spotter yang cukup, hal ini sangat berbahaya. Untuk diketahui, menurut peraturan cheerleading internasional, tim cheers tingkat smp hanya boleh membuat pyramid dengan tinggi maksimal 2 high dan tumpuk maksimal 2 layer. Sekali lagi, peraturan ini dibuat tentu untuk kepentingan para cheerleaders itu sendiri.

3. Masih ada beberapa tim yang menggunakan konveti (manik-manik), di ruang terbuka dan banyak angin sehingga ada kemungkinan konveti masuk ke mata. Mungkin konveti memberi kesan mewah namun sebaiknya tiap tim cheers menyadari bahaya dari properti ini. Untuk di ketahui lagi, hanya ada 4 macam properti yang diijinkan dalam suatu rutin cheerleading, yaitu: Pompons,Banner/Spanduk,Sign Board, dan Megaphone.

4. Pada waktu perform, sebagian besar cheerleaders masih menggunakan aksesoris seperti anting, gelang, kalung dan cincin. Hal ini harus diperhatikan lagi pada kompetisi-kompetisi berikutnya.
Mungkin sebagian orang masih beranggapan Cheerleading untuk tingkat smp hanya sekedar untuk senang-senang atau gaya-gayaan, hal ini wajar-wajar saja tetapi harus diingat lagi bahwa elemen paling utama yang harus diperhatikan dalam cheerleading yaitu SAFETY. Semoga hal ini lebih diperhatikan lagi sehingga tercipta atmosfir cheerleading tingkat smp yang benar, aman, dan tetap menyenangkan.

Selamat untuk cheers Tarlim yang tampil energik,memukau dan tetap menggunakan safety guide yang benar dan aman. Jangan patah semangat untuk tim cheers smp yang lain semoga cheerleading junior di Indonesia bisa lebih maju.
Hasil Kompetisi :
Juara I : SMP Tarakanita 5 Jakarta
Juara II : SMP 11 Jakarta
Juara III : SMP 161 Jakarta

Use Facebook to Comment on this Post

8 Comments on "Pangudi Luhur Cup 9"

  1. smp 20 jkt ma 150 jkt kok ga ikut ?
    bukanya biasanya suka menang ?
    hehehehe

  2. buat ‘mon’ , smp 20 ma 150 ga daftar ..
    yang daftar smpn115

  3. sebelas walaupun juara 2 menurun dibanding kemarin, tp ttp bangga soalnya ga pake pelatih .hha

  4. wess..okedeh,akhirnya tarlim juara!hha.sukses truz,buwad cheers tarlim!!hho.

  5. asiiik cheers gw menang juara 2 🙂

  6. walaupun tdk da pelatihya kt tetap berusaha,agr mendaptkan juara,dan kt bangga ats pa yg slama ini kta cpai,kt udah mendptkan smua juara.chayoo perdana

  7. horeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    tarlim menang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. Allysa Ghassani | December 1, 2009 at 12:00 pm |

    yaah…. kok cheers 19 gk menang ya??
    emang ancur siih…. hehehe

Comments are closed.