Accelera Auto Contest Cheerleader Competition

DTwice - SMA 22 JakartaDi akhir tahun 2007, sebuah kompetisi Cheerleading digelar di Jakarta, tepatnya di PRJ Hall A, Jakarta International Expo, dengan tajuk Auto Accelera High School Dance and Cheerleader Competition. Kompetisi ini dibagi dalam 2 babak, yakni penyisihan pada tanggal 14 Desember 2007, dan final pada tanggal 16 Desember. Dengan memperebutkan hadiah tunai total 6 juta rupiah (untuk kompetisi Cheers), kompetisi yang diselenggarakan oleh Cody Enterprise ini diikuti oleh 9 tim dari Jakarta. Karena terbuka untuk umum, maka kompetisi ini diikuti oleh tim SD, SMP, maupun SMA dan alumni. Redaksi ICC hanya menyaksikan pertandingan pada babak penyisihan, sehingga laporan ini dibuat berdasarkan pengamatan pada saat babak penyisihan, namun kurang lebih dapat menjadi gambaran tentang jalannya lomba secara keseluruhan.

Tampilnya 2 tim Cheerelader SD sebagai pembuka, cukup menjadi tontonan yang menarik bagi pengunjung. Kendati terkesan “bersenang-senang”, namun Tim Rajawali A dan Rajawali B (SD Rajawali) terlihat cukup serius saat tampil, dan tentunya telah berlatih dengan keras, dengan dibimbing oleh K’Irfan, sang pelatih. Namun tentu saja, kedua tim ini memang tidak diperuntukkan untuk menjuarai lomba, karena mesti bersaing dengan tim SMP dan SMA.

Quinzee - SMA 15 JakartaTim Quinzee (SMA 15 Jakarta) yang mendapat giliran pertama, tampil jauh lebih baik dari penampilan mereka terakhir (Jambore Kreasi Remaja). Meski masih dengan routine yang sama, namun penampilan Quinzee kali ini lebih rapi secara teknik, sinkronisasi lebih baik, dan ekspresi juga jauh lebih baik, kendati masih naik turun. Tingkat kesulitan yang ditampilkan pun cukup tinggi, kendati masih bisa lebih ditingkatkan lagi. Sebagai tim yang terhitung baru, Quinzee cukup menjanjikan untuk menggebrak di kompetisi-kompetisi mendatang, asalkan rajin latihan lebih giat dan menambah pengalaman bertanding.

PKC - SMA 70 JakartaTim PKC (SMA 70 Jakarta) yang tampil berikutnya, menorehkan catatan penting dalam dunia kompetisi Cheerleading tingkat SMA. Sejauh pengamatan kami, PKC menjadi tim All-Girl tingkat SMA pertama yang memperagakan basket toss back tuck dalam sejarah kompetisi Cheerleading di Indonesia! Kendati eksekusinya kurang sempurna (terlalu rendah), namun tekniknya nyaris sempurna, dan dapat menjadi cerminan betapa berkembangnya dunia Cheerleading tingkat SMA saat ini. Dengan dibungkus koreografi yang dinamis dan transisi yang cermat, penampilan PKC juga jauh lebih baik dari penampilan mereka sebelumnya. Sinkronisasi dan sharpness mungkin masih menjadi pe-er bagi PKC, namun secara keseluruhan mereka tampil nyaris sempurnya, dan tidak salah jika lolos di babak final.

BSTB.S.T (SMA 72 Jakarta) yang tampil berikutnya, memberikan kejutan tersendiri lagi bagi kami, juga bagi pengunjung dan juri. Untuk kedua kalinya dalam hari yang sama, sebuah tim All-High School menampilkan basket toss back tuck, sebuah stunt yang cukup sulit dan mungkin belum pernah ditampilkan oleh tim SMA lainnya. Bedanya dengan PKC, stunt ini dilakukan oleh tiga orang anggota cowok, yakni Pleti, anggota ICC All-Stars, bersama dengan Joan dan Dani, yang juga anggota ICC All-Stars junior. Eiiiitts, tapi jangan berburuk sangka dulu!! Ketiga cowok ini asli dan resmi berstatus sebagai siswa SMA 72 Jakarta pada saat kompetisi ini berlangsung, bisa dicek sendiri kebenarannya 🙂 Secara keseluruhan, tingkat kesulitan routine BST sangat tinggi, barangkali yang tertinggi dibanding peserta lainnya yang tampil hari itu. Selain basket toss back tuck yang disebut tadi, mereka juga menampilkan pyramid 2,5 high dan 3 layer dengan 2 orang top person di layer teratas, dan base shoulder stand. Selain itu juga ditampilkan stunt craddle twist dan single base stunt. Sebagai penutup, B.S.T memperagakan pyramid double table top, yang mungkin baru pertama kali kita saksikan dilakukan oleh tim All-High School. Kendati eksekusinya tidak sempurna (wobbling), pyramid ini, dan semua yang disebut tadi mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk tingkat SMA (menurut standar IFC). B.S.T pun lolos ke babak final, dan akhirnya keluar sebagai Juara I. Kendati demikian, sharpness dan sinkronisasi masih menjadi pe-er bagi B.S.T untuk tampil lebih baik di kompetisi mendatang.

Fiven For - SMA 54 JakartaFivenFor, tim dari SMA 54 Jakarta, tampil dengan sangat dinamis dan speed yang tinggi. Sayang sekali, ada beberapa stunt dan pyramid yang kurang sempurna, sehingga jelas mengurangi nilai perfection dari penampilan mereka hari itu. Sejauh pengamatan kami pula, tidak ada tumbling dalam routine FivenFor di kompetisi sore hari itu. Namun di luar dari itu, transisi dan stunts yang ditampilkan cukup kreatif, memberikan tontonan yang segar bagi pengunjung di Hall A PRJ sore hari itu, seperti transisi stunt dan pyramid yang ditampilkan pada 30 detik pertama mereka. Dance, Arm Motion, dan sinkronisasi FivenFor juga nyaris sempurna, bisa dibilang yang terbaik dari semua peserta yang tampil pada hari itu. Tidak salah pula jika kemudian juri memilih FivenFor sebagai Juara II dalam kompetisi ini.

SMP 255 JakartaFrotoo Five, satu-satunya tim SMP yang tampil hari itu, pun tidak kalah menarik dibanding senior-senior SMA-nya. 180 degree elevator, basket toss, dan 4-2-1 stag pyramid, adalah stunts dan pyramid yang sangat langka ditampilkan oleh tim tingkat SMP di Jakarta, namun semuanya bisa kita saksikan di tim FrotooFive. Rapi, dinamis, dan tingkat kesulitan yang cukup tinggi (untuk tingkat SMP), itulah yang dapat kita saksikan dari Frotoo Five hari ini. Dengan rajin berlatih lagi, bukan tidak mungkin mereka dapat bersaing ketat dengan tim SMA di Jakarta dan di Indonesia pada umumnya. Ekspresi dan sharpness, barangkali masih menjadi pe-er bagi Frotoo Five untuk dapat tampil lebih baik di kompetisi mendatang.

Juara I : B.S.T (SMA 72 Jakarta)
Juara II : FIVEN FOR (SMA 54 Jakarta)
Juara III : D’Twice (SMA 22 Jakarta)

Selamat buat para juara. Buat yang belum sukses, jangan patah semangat, berlatih lebih keras lagi agar hasilnya lebih bagus di kompetisi berikutnya.

Use Facebook to Comment on this Post

8 Comments on "Accelera Auto Contest Cheerleader Competition"

  1. hah…busyet mantap banget 72….

    keren….

    fivenfor kalah

    waduh…memang keren go..fight…win lah….

  2. BST go fight win laahh !! llaafftt yuu ool

  3. mas plety biasa ngangkat flyer 45kg sih. haha

  4. huuwaahh allhaamduuliillaahh akhiir nyaa kiitaa bsaa mnaang ..
    pdhaal kiita cmaa lthaan 3haariiaan dooankk pii bsaa mnaang kyaa gtuu ..
    btaapaa bnggaa nyyahh diirii nii ..
    *hha.hha.hha !!

    :: d u k u n g . k a m i . i a h ::

    b.sterizo .. go .. fight .. win !!

  5. B.S.T ………… number one !!!!!!

    mmmm thankz yah buuat kak jeqy ma kak getha …
    yang ga ada bosen” nya ngelatih kita …

    truuusss buat BST
    kita ga boleh puas atau seneng dulu atas apa yg udah kita dpet..
    kita harus tetep serius latihannya supaiia di pertandingan nanti
    kita bisa tunjukin kalo kita itu memang pantes dapt juara 1…
    keih prendz….\\

    go ……. fight ……. win ……

    caaayyyyyyoooooo ICC

  6. fiven for smale n d’twice u’re the best

  7. Saya Alumni SMU 54 Jkt.
    Alumni Macho Boys juga dari Dancer SMU 54 angkatan 98,
    Bangga banget….

    Salute….

    Jadi pengen kenal ama temen-temen yang sekarang kayak apa yaw cheers nya 54
    salam dari purwokerto, jawa tengah

  8. Get fight BST..!!

    gw alumni 72, gw bangga dg BST, hebat bgt..
    pertahankan yak..

Comments are closed.