Liputan Lengkap NCC 2008

Pengen tau gimana jadinya kalau 30 tim Cheerleader dari 7 kota di Indonesia kumpul jadi satu?? RAME BANGET!!! ? Tanggal 8 Maret 2008 yang lalu, ICC menyelenggarakan National Cheerleading Championship, sebuah kompetisi Cheerleading tingkat SMP dan SMA se-Indonesia, yang diikuti 30 tim dari 7 kota di Indonesia. Ini adalah kali pertama Cheerleading dipertandingkan sebagai olah raga di Indonesia, dengan memperebutkan Piala Bergilir dari Ketua Umum KONI. Juri dalam kompetisi pun tidak tanggung-tanggung! 5 juri berasal dari 5 negara yang berbeda, yakni dari Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Amerika!

Acara dimulai pukul 10 pagi, dimulai dengan penampilan rehearsal dari setiap tim. Rehearsal ini tidak dinilai, hanya sebagai pemanasan dan pengenalan arena bagi tiap peserta, serta untuk menentukan urutan tampil pada babak kompetisi. Acara resmi dibuka sekitar pukul 1 siang, diawali dengan penampilan kolosal ICC Dancers dan ICC Warriors (ICC All-Stars Junior) yang cukup meriah. Setelah itu rangkaian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Selanjutnya adalah sambutan Ketua Umum KONI Pusat, yang dibacakan oleh Ibu Yuanita Nasution (Ketua Komisi Pusat Data KONI Pusat). Perlu diketahui pula bahwa kompetisi ini memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum KONI Pusat, yang sedikit banyak menunjukkan kepedulian KONI terhadap perkembangan Cheerleading di Indonesia. Acara selanjutnya adalah penampilan eksebisi dari tim Cheerleader SD Angkasa 10 yang sangat menarik dan mampu membangkitkan sorak sorai penonton. Baru setelah itu, rangkaian kompetisi berjalan, dimulai dari Cheerleading tingkat SMP, Cheerleading tingkat SMA, dan kemudian Partner Stunt Competition (tingkat SMA saja). 30 tim peserta yang duduk mengelilingi matras kompetisi sepanjang hari tidak henti-hentinya bersorak sorai menyemangati setiap tim yang sedang tampil. Total ada 8 tim SMP dan 22 tim SMA, yang berasal dari Jakarta, Bandung, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Madiun, hingga Semarang. Semuanya duduk berdampingan, bahkan kadang terlihat saling berkenalan dengan tim yang duduk di sebelahnya. Suatu pemandangan yang sangat indah sekali untuk disaksikan, yang menunjukkan betapa tim yang bertanding memiliki sportivitas yang tinggi. Baru saja kompetisi dimulai, tiket penonton tribun depan sudah habis terjual! Ini menunjukkan betapa besar antusias pendukung untuk membela tim favoritnya masing-masing. Sorak sorai penonton pun tiada habisnya menggema di Hall Basket B Senayan tersebut. Tidak ketinggalan pula atraksi spesial dari tim CheerLittle yang jauh-jauh datang dari SD Melong Mandiri 1 Cimahi, khusus untuk tampil sebagai pengisi acara dalam event ini. Riuh tepuk tangan penonton pun tak henti mengalir saat CheerLittle tampil dengan stunt yang memukau untuk tingkat SD, serta koreografi yang dinamis.

Lomba yang direncanakan berakhir pukul 6 sore itu ternyata harus molor hingga 2 jam lebih, dan baru berakhir sekitar jam 8 malam. Mungkin karena lelah terlalu lama menunggu giliran, banyak sekali anggota tim yang pingsan setelah bertanding, hingga ruang perawatan yang disediakan pun tidak mencukupi dan peserta yang pingsan terpaksa harus dibaringkan di teras depan gedung. Namun demikian, berkat kesigapan rekan-rekan Cheerleader yang lain serta panitia, semua yang cedera dapat pulih kembali dalam waktu singkat.

Setelah Partner Stunt Competition berakhir, acara ditutup dengan penampilan tim ICC All-Stars. Seru banget! Hampir seluruh isi Hall tidak berhenti bersorak sepanjang 3 menit penampilan tim yang pernah mewakili Indonesia di kompetisi Internasional di Jepang tersebut. Kendati dapat dibilang lancar, namun penampilan ICC All-Stars kali ini kurang rapih, dimaklumi, karena memang semua anggota tim adalah juga panitia dalam event ini, yang hampir semuanya kurang atau bahkan belum tidur dari hari sebelumnya, ditambah lagi bekerja sepanjang hari.

Setelah penampilan tim ICC All-Stars, para peserta lalu berbaris rapi, sambil menunggu pengumuman pemenang. Ada beberapa kejutan dalam hasil kompetisi, yakni tim Blitzer dari SMA 2 Bekasi yang mampu meraih peringkat 4!!! Padahal hanya selang 2 minggu sebelumnya di salah satu kompetisi, Blitzer menempati peringkat terbawah. Waah.. pasti kerja keras selama 2 minggu itu ya.. salut buat Blitzer dan pelatihnya! Kejutan lain juga datang dari ESPERO, tim SMP 2 Semarang, yang mampu menyodok ke peringkat ke-3, dan menjadi satu-satunya tim dari Semarang yang membawa pulang piala dalam event ini. Salut buat ESPERO, semoga gelar tersebut menjadi motivasi yang baik untuk lebih meningkatkan prestasi di lain waktu.

Akhir kata, ICC selaku panitia NCC 2008 menyadari dan mengakui banyaknya kekurangan yang terjadi dalam event ini, dan oleh sebab itu dalam kesempatan ini bermaksud untuk memohon maaf yang sebesar-besarnya bagi semua pihak atas segala kekurangan ini. Mohon dimaklumi, ini adalah kali pertama ICC menyelenggarakan event dalam skala nasional sebesar ini, dengan persiapan yang sangat minim, bahkan dana yang lebih dari 75% berasal dari kas ICC sendiri. Sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan berjanji tahun depan akan jauh lebih baik lagi, karena telah banyak yang kami pelajari dalam event kali ini. Dengan kita sadari atau tidak, NCC telah menjadi tonggak baru standar kompetisi Cheerleading di Indonesia, dimana Cheerleading tidak lagi dipertandingkan di mall-mall, atau bersamaan dengan event basket atau olah raga lainnya, melainkan disamakan derajatnya dengan olah raga lainnya. Semoga tujuan utama dari kompetisi ini sedikit banyak mulai tertanam di benak peserta maupun penonton, yakni menjadikan Cheerleading sebagai satu cabang olah raga di Indonesia. Maju terus Cheereladers Indonesia!

Hasil kompetisi selengkapnya :

BEST MANNER AWARD : Grafity (SMAK Yakobus Jakarta)
BEST MUSIC MIX AWARD : T.N.T. (SMA 22 Bandung)
BEST COSTUME AWARD : C.O.P.S (SMA President School Cikarang)

PARTNER STUNT COMPETITION :
Champion : CHEEPIONE (SMA BPI 1 Bandung)
Runner Up : GAZELLES (SMA 82 Jakarta)
2nd Runner Up : T.N.T (SMA 22 Bandung)

CHEERLEADING TINGKAT SMP :
Champion : BAMBIES (SMP 12 Jakarta)
Runner Up : BARSTWO (SMP 2 Bandung)
2nd Runner Up : ESPERO (SMP 2 Semarang)

CHEERLEADING TINGKAT SMA :
Champion : GAZELLES (SMA 82 Jakarta)
Runner Up : FIVERS (SMA 5 Bandung)
2nd Runner Up : CHEEPIONE (SMA BPI 1 Bandung)
4th Place : BLITZER (SMA 2 Bekasi)
5th Place : T.N.T (SMA 22 Bandung)
6th Place : PKC 70 (SMA 70 Jakarta)

DAFTAR TIM PESERTA NCC 2008 (berdasar abjad) :

B.S.T – SMA 72 Jakarta
BAMBIES – SMP 12 Jakarta
BARSTWO – SMP 2 Bandung
BLITZER – SMA 2 Bekasi
C.O.P.S – SMA President School Cikarang
CHEEPIONE – SMA BPI 1 Bandung
CLOVERS – SMA 7 Semarang
ESPERO – SMP 2 Semarang
FIVERS – SMA 5 Bandung
E.T.C – SMA 82 Jakarta (Jr)
GAZELLES – SMA 82 Jakarta (Sr)
GRAFITY – SMAK Yakobus Jakarta
M.T.C – SMA Mardi Yuana Sukabumi
NEXYVIOUS – SMP 161 Jakarta
O2 CHEERS – SMP 11 Jakarta
P-ONE SQUAD – SMA Pasundan 1 Bandung
P1C – SMA PGRI 1 Bekasi
P2C – SMA 5 Karawang
PJ Cheers – SMP Pembangunan Jaya Bintaro
PKC 70 – SMA 70 Jakarta
QUINZEE – SMA 15 Jakarta
S.T.C – SMA 3 Sukabumi
T.N.T – SMA 22 Bandung
T.O.C – SMA 31 Jakarta
TARLIM – SMP Tarakanita 5 Jakarta
TEAMOCHEEZ – SMA BPI 2 Bandung
TOGETHER CHEERS – SMA 3 Madiun
V-KINGS – SMP 5 Bandung
WIZARDS – SMA Yadika 5 Jakarta
VANQUISHER – SMA 90 Jakarta

Foto foto selengkapnya akan segera kita pasang disini.
DVD NCC 2008 akan dikirim ke tiap peserta sekitar 4 minggu dari hari event.
Pertanyaan lain, silahkan kontak ICC, kami akan dengan senang hati membantu 🙂

Use Facebook to Comment on this Post

37 Comments on "Liputan Lengkap NCC 2008"

  1. I’m not a cheerleader, just want to say GO GAZELLES! BLACK AND GOLD!
    Selamat yaa Juara 1! Buat FIVERS selamat juga, captainnya cantik banget deh, hehe OOT 😀 Tingkat SMP? Udah nebak BAMBIES menang. Selamat yaa semua..

  2. icc keren…bisa ngadain acara kayak gini…
    kayaknya rame….
    waktu itu opik mau ksana cuman gak ada temen…karunya euy

    buat anak icc KEREN>>>>HEBAT>>>

    buat fivers, tnt, cheepione cool abiezth………bisa bawa harum nama bandung sayang tim yang lain gak ikutan …..

    sukses buat smuanya

    go fight dan pasti WIN!

  3. yeaah…
    kemarren lombanya serru banet…
    plgy yg tingkad sma….
    btw,,
    sebenernya 2nd runner up nya yang smp itu namanya apaan xi?
    kmarren aqw leadt dikstum mereka tulisannya ‘espero’ deh…
    kugg disini tulisannya sempro xi?!?!?
    yang bener yang manna?

  4. iya maaf, SMP 2 Semarang itu yang bener ESPERO, bukan Sempro… 🙂
    Maaf buat semua tim ESPERO dan rombongan, semua kesalahan tulis sudah kita rubah. Thanks

  5. Kemaren kerennnnnnnn acaranya.. ga nyangka jurinya banyak dr luar. Deg-degannya berasa gtu loh. Btw, kemaren yg manggil2in peerta itu siapa yah ? Klo dia baca ini guee disebelah lo duduk didepan. Yg nanya nama lo…. hahahaha

  6. waaahh jagoan2 saya menang tnyata..
    hihihihi
    congrats buat the winners

    next time buat temen2 penyelenggara bisa better lagih..
    ngom2, ni uda jad even rutin belom?[maap ud lama meninggalkan dunia per-cheerleader-an]
    kalo belom,harusnya uda mulai digelar even tahunan national championship gn..
    trus sama ada forum bareng ya kaya summer camp gituh deh kalo di luar negeri..
    dijamin anak2 cheers indo bisa maju ke international kalo terarah.. 🙂

  7. Kk ,. ,. maluuuuuuuuuuuuuuuuuuuu,.,. PErdaNa aQ aNcuR BanGet !!!
    maen baru 3bln.
    huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.

  8. hihihi..
    ga nyangka fivers jd runner up..
    sneng dehh 😀

  9. go lima go lima go..!!
    sneng bgt lah bsa bawa nama bandung..
    trnyata smuanya ga kaya yang dibayangin sblumnya..
    psertanya bagus2x..
    tapi buat fasilitas dari panitianya hrus lbih baik lgi di taun dpan yaa..
    soalnya tmpatnya aga’ panas + blowernya ko mati ya??
    udh gtu buat matrassnya banyak yang lepas wktu tampill..
    jadi rada ngeri wktu perfomss.. tkutnya ksandung ato apa lahh..
    tapi sjauh ini NCC hebat bgt.. bsa bkin komptisi tngkat nasionall..!!
    saluutt2x..!!
    pkonya kasih yang trbaik aja dehh buat smwanyaa..!!

    fiverss..!!!

  10. hahahaha. senangny ak..
    espero dblg hebat. hehe. tp salut bwt icc. lmbanya seru bgt. mski ampe mlem tp ttep smangat.
    syg coachingnya krg lamaa.. msh bru dkit yg diajarin.
    tp gud luck bwt smua tim cheerleader indonesia yaa! 😀

  11. tlng tulisin dong juara tingkat smp 3<, kan cuma 8 tim. kalo yg sma kan banyak banget. kemaren acaranya keren tapi tempatnya kurang mendukung. konsumsi kurang, jadi laper terus, tingkatin yah icc!

  12. haii.. haiiii…. fuuuuuaaaaaaaahhhh….
    senenggggg bgt ma ICC, cinta mati deh.!!
    bau semangad jakarta smpe madiun langsung terasa..
    tp qt gk bisa latian,
    soalna besog senin uda UTS, >,<
    pdhl pengen bgt latian..
    Go, Fight, Win iaa….

  13. senangnya bisa ikut lomba ICC .hahahaha
    kapan ngadain lgi ?
    o iia . jangan lupa ajak espero agii y . tpi jangan d tulis Sempro agii . oqqai =’)
    salam buat smuanya iiah .

  14. moshi2 …
    wah ICC keren banget . =’)
    kasih coaching k semarang dunk . bagi” ilmu . bleh kn?
    o iia . salam buat kk ina iia . LO espero . . .
    makasih dah di kasih penginapan iiang ckup nyaman . tpi nyeremin . heheehe
    kpan” yang sebelahnya wisma fajar iia . oqqai =’)
    tha . tha

  15. go * fight * win *
    we are cheerleaders . =’)

  16. heeeiiiii..
    akhirnya fivers menang lagii..!!
    yah wlopun jd runner up tapi gw tau bgt fivers tuh tim suksess !
    secara gitu yaa stiap lomba di bandung slalu menang..
    palagi kmaren2 bru juara 1 popmie..
    hebatt lahh fiverss..
    makin cinta gw sama fivers..
    pkonya gw doain bgt FIVERS jadi the WINNER taun dpann !!
    gw tau fivers pasti bisa jdi juara !!
    go fivers go fivers go… !!!!!!!

  17. hore dah liat rekaman NCC…..

    THE TOP SIX-nya emang pantes dapetinya…

    GAZLLE…FIVERS…CHEEPIONE….dan yang lainya..

    aku sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  18. Wee pj thn dpn hrs bgs!kita uda latian piramid sma loh ahahaha

  19. ICC selamet yups acaranya sukses….

    Selamet juga buat yg menang…
    btw dalam jangka waktu deket ini ada event cheerleading competition lagi tidaks?

    thanx….

  20. go go biys | March 19, 2008 at 2:46 pm |

    mau dong rekaman videonya ato download di youtube dong

  21. DVD NCC?
    mau,mau..
    cepaaaaatt..
    thx

  22. ICC, itu ada yg salah nama .. harusnya V-KING bukan V-KINGS .
    tolong dbnerin yaahh !

  23. maaf,,,,,,,,,,,
    team dari SMA 3 SUKABUMI namanya SPC
    bukan STC…..

  24. AAAaaaAAAAaAkkkkHHhHHHH……..!!!!!

    iri nya……..
    kmie cheers” luar jawa……..
    g bs ikutan…….. bsa na cuma Ngences…..
    hix…hix….;(

    icc kapn adanya d medan………….??!!!??
    kejauhan ya……;(

    buad donk…….
    Orang2 medant blum bgitu menghargai cheerleaders….
    bsa d katakn cheers d medant derajat na rendah Banget….
    pokok na jelek deh……

    maka dari itu icc k Medant dunk…….
    kasih tw orang2 bahwa
    cheerleaders itu Bkan permainan….
    tapi salah satu cabang olah raga……
    bkan cuma mampang2 muka doank…..
    tapi jgha punya talenta…….
    dan jgha pnya niat y’ baik….
    yaitu nyemangati semua Orang…..

    indonesia kn bukan jawa doank…..
    plau2 lain kn jgha indonesia…..

    low gitu ” JCC ” dong……
    (java cheerleading community)
    he…he… jgn mrah y…
    canda kog……

    buad ya……
    d tunggu lo……

  25. kapan video ncc di bagiin

  26. keren.keren.keren

  27. halo gw sabrina anak ghandi school
    suka banget sama gazelles keren banget deh. yang di iklan popmie itu gazelles kan ? wah SMA 82 Jakarta keren banget yaaa! nyesel bgt deh gak masuk sana.
    AYO BLACK AND GOLD.

  28. halo gw sabrina anak ghandie
    gw suka banget deh sama gazelles
    yang di iklan popmie itu gazelels kan?
    Go! Go! Black and Gold Smu 82 Jakartaa

  29. alumni sma 82 nih taun 1998
    wes keren deh Gazelles! Black And Gold..
    keren banget deh sma 82 (patra).
    ga nyesel jadi alumni patra

  30. selamat ya tim cheers SMA 82 Jakarta Gazelles Black And Gold
    sama Bambies SMP 12 Jakarta
    jadi mau ikutan cheersss
    buat ICC keren banget ngadain acara kayak gini
    akhirnya indonesia maju juga di bidang gymnasticnya
    -pvt’dulce

  31. go icc selamat pemenang

  32. wAa,, kRwg ad kMjwAn Uy d sJjrin sM icc n kWan2 ;p
    pkOnya kReNz dEeh.

  33. aku boleh kgk masuk ncc

  34. Congratulation to the proud FIVERS….

    As a cheers at 90an era, great to hear your achievement… SaLllutt… ReaLly…
    Courious want to see ur performance for the time being… 🙂
    Msh ada yel2 jaman kita gak ya? n koreo’nya juga….? haha…
    yakin…. fivers pasti keren…. sedari dulu juara mulu….
    sok atuh yang junior set reuni cheers fivers dari angkatan teh icha, teh yusi, puche mpe skrg….
    we gonna W I N …. win win win….!

  35. Reta wulandari | September 30, 2009 at 1:19 am |

    haiii …
    slamat yaa ud mnang smua,
    gw pecinta cheleaders coz I’m cherleading ..
    cayooo to smua,
    ttp SEMANGAT ! ..

  36. rrrraaaaarrraaaaa | October 26, 2009 at 9:00 am |

    Espero let’s go go fight win…
    Espero let’s fight go fight win……
    Jaya terus espero semarang… Jgn mw klah y….

  37. cheerleader boy | December 30, 2009 at 2:49 am |

    Go Fight Win coach ^-^

Comments are closed.