Cheerobics 2008 (Singapore)

Cheerobics 2008Selang seminggu setelah National Cheerleading Championship yang diselenggarakan oleh ICC, Singapura juga mengadakan kompetisi Nasional Cheerleading, CHEEROBICS 2008, yang kali ini sudah memasuki tahun yang ke-8. Cheerobics tahun ini diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2008 di Kallang Leisure Park, Singapore. Cheerleading Association of Singapore (CAS) selaku penyelenggara kali ini juga mengundang juri dari beberapa negara, salah satunya adalah dari ICC, selain juga juri dari Thailand dan Chinese Taipei.

Lihat video NTU Aces (Champion – Open Division) – KLIK DISINI
Lihat video KR Steppers (Runner Up – Open Division) – KLIK DISINI
Lihat video NTU Aces B (2nd Runner Up – Open Division) – KLIK DISINI
Lihat video Magnum Force (Open Division) – KLIK DISINI

Cheerobics 2008Cheerobics 2008 mempertandingkan dua kategori, yakni Group Stunt dan Team Category. Masing-masing kategori terbagi lagi menjadi Open Division (setingkat Universitas dan Umum), Primary Division (setingkat SMP dan SMA), dan Secondary Division (setingkat SD). Total ada 19 tim yang berpartisipasi, yakni 5 tim Primary Division, 4 tim Secondary Division, dan 10 tim Open Division. ICC yang mengamati langsung jalannya kompetisi (sekaligus bertindak sebagai juri), sangat kagum dengan perkembangan kualitas Cheerleading di Singapura, setelah terakhir kali melihat tim Singapura pada Kejuaraan Cheerleading International Open di Jepang bulan APril 2006 yang lalu. Khususnya untuk kategori Open Division, tim-tim unggulan seperti NTU Aces, KR Steppers, dan Magnum Force tampil sangat memukau, dengan stunts dan pyramids yang memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi, hampir bisa disejajarkan dengan tim-tim di Amerika atau di Jepang.

Cheerobics 2008 - KR SteppersKompetisi yang menggunakan peraturan kompetisi dan standar penilaian IFC ini berlangsung dengan sangat meriah, dimana mall Kallang Leisura Park yang menjadi venue acara tampak penuh dari pukul 3 sore saat acara berlangsung, hingga sekitar pukul 6 sore dimana acara selesai. Organisasi acara yang sangat rapih juga menjadi catatan tersendiri yang patut dicontoh dalam event nasional di masa mendatang. Hasil lomba sendiri memuat sedikit kejutan, dimana tim Magnum Force yang langganan juara dalam 3 tahun terakhir, harus terlempar dari urutan 3 besar Open Division. Routine Magnum Force, menurut pandangan ICC, sebenarnya sangat memukau dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi, mungkin yang tertinggi dibanding peserta lainnya. Namun sayangnya, banyak sekali terdapat wobbling, dan falls, sehingga pengurangan nilai cukup besar, belum lagi ditambah waktu routine yang jauh melebihi syarat maksimal 2,5 menit, sehingga mendapat pengurangan nilai yang sangat besar. Tim MGS Sizzlers di kategori Secondary Division juga menarik perhatian kami, karena walaupun seluruh anggotanya wanita, namun skill tumbling tim ini di atas rata-rata peserta lainnya, termasuk pula tim Open Division. Lihat saja bagaimana anggota tim MGS Sizzlers yang seluruhnya wanita dengan fasih melakukan backhandspring dan backtuck. Luar biasa.

Hasil Cheerobics 2008 :

Secondary Division :
Champion : MGS Sizzlers (Methodist Girls’ School)
Runner Up : Twisters (CHIJ Secondary School)
2nd Runner Up : Groovers (Choong Boon Secondary School)

Open Division :
Champion : NTU Aces A (Nanyang Technological University)
Runner Up : KR Steppers (NUS Kent Ridge Hall)
2nd Runner Up : NTU Aces B (Nanyang Technological University)

Use Facebook to Comment on this Post

2 Comments on "Cheerobics 2008 (Singapore)"

  1. alow smua
    lam kenal

  2. maaf, disekolah saya tidak ada yang nama’a eskul cheers. menurut saya kurang tepat dan pas. apakah tim anda bisa membantu kami. trim’s

Comments are closed.