The 2nd Cheerleading Asia International Open

Tokyo 2008Untuk kedua kalinya, kejuaraan Cheerleading Asia International Open (CAIO) dilaksanakan, pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2008 di Yoyogi National Gymnasium, Tokyo, Jepang. CAIO adalah kejuaraan Cheerleading International yang lebih terfokus pada tim-tim di Asia, yang diselenggarakan oleh Foundation of Japan Cheerleading Association (FJCA) atas otorisasi dari International Federation of Cheerleading (IFC) dan Asian Federation of Cheerleading (AFC), dengan dukungan dair Kementrian Dalam NEgeri Jepang, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu dan Teknologi Jepang, serta Pemerintah Tokyo Metropolitan, serta disposnsori oleh Toyota Motor, Matsushita Corporation, dan beberapa perusahaan besar lainnya.

CAIO 2008Ada 3 divisi yang dipertandingkan dalam CAIO, yakni DIVISI INTERNATIONAL, yang diikuti oleh 8 tim dari 7 negara, DIVISI JAPAN TEAMS, yang diikuti oleh 60 lebih tim/klub Jepang, serta DIVISI PARTNER STUNTS yang diikuti oleh tidak kurang dari 20 tim partner stunts dari Jepang dan negara lainnya.
Pada hari pertama, 60an tim Jepang dari DIVISI JAPAN TEAMS dielimnasi, hingga hanya 30 tim teratas yang bertanding di hari kedua, bersama dengan 8 tim dari DIVISI INTERNATIONAL. Akan ada pula JUARA UMUM, yakni pemenang dari DIVISI INTERNASIONAL dan DIVISI JAPAN TEAMS.
Perlu kiranya diketahui, bahwa CAIO adalah kejuaraan ANTAR KLUB, bukan antar negara seperti layaknya World Cheerleading Championship yang juga merupakan salah satu agenda dwi-tahunan IFC.

ICC All-StarsICC All-Stars sendiri tampil dalam kompetisi ini tanpa target prestasi, hanya bertekad untuk memberi yang terbaik dari Indonesia, serta agar ilmu yang diperoleh selama di Jepang dapat digunakan untuk kemajuan dunia Cheerleading di Indonesia. Kondisi “tanpa target” ini dipatok mengingat sudah tahu persis tentang kekuatan tim lawan, yakni nama-nama besar seperti tim nasional Thailand, Philipine, tim Tigers dari USA, Tim Monster dari Chinese Taipei NTU Aces dan Magnum Force dari Singapore, serta Charm All-Stars dari Malaysia. Belum lagi ditambah tim-tim tangguh Jepang yang tidak terkalahkan selama beberapa tahun terakhir, seperti Braves, Golden Bears, Regulus, Tomboys, Devils, dan lainnya.

CAIO 2008Sayang sekali, tim ICC All-Stars hanya dapat melakukan persiapan intensif selama kurang lebih 1,5 bulan, mengingat kepastian untuk ikut kompetisi ini sendiri baru keluar di saat-saat akhir. Maklum saja, mereka harus bekerja keras untuk mengumpulkan uang agar dapat pergi ke Jepang. Namun demikian, dengan minimnya persiapan tersebut, ICC All-Stars bisa dibilang cukup sukses menampilkan yang terbaik yang bisa mereka tampilkan, kendati notabene masih kalah tangguh dibanding tim-tim senior lainnya. Di Divisi International, ICC All-Stars meraih peringkat ke-7 dari 8 tim, mengalahkan tim Magnum Force dari Singapore, dan hanya berpaut selisih poin tipis di bawah tim Nasional Philipine, dan Charm All-Stars dari Malaysia. Tidak ada satu pun ICC All-Stars yang pulang dengan kepala tertunduk, melainkan semua berjalan tegak dengan bangga dapat bertanding di satu matras dengan tim-tim Cheerleader tangguh dari banyak negara lainnya, dan banyaknya ilmu yang diperoleh selama di kompetisi ini, secara mental maupun teknik.

Dari hasil keseluruhan (30 tim Jepang yang lolos seleksi pada hari kedua ditambah 8 tim International), ICC All-Stars meraih peringkat ke-34 dari 38 peserta. Bukan sesuatu yang “bagus” secara statistik, namun sekali lagi, jauh hari sebelum berangkat, ICC All-Stars sudah tahu betul kekuatan lawan yang memang rata-rata masih jauh di atas Indonesia yang terbilang baru memasuki kancah dunia Cheerleading Internasional, sehingga kondisi tersebut pun menjadi satu hal yang sangat membanggakan.

HASIL DIVISI INTERNATIONAL :
1. THAILAND
2. MONSTER (Chinese Taipei)
3. TIGERS (USA)
4. NTU ACES (Singapore)
5. TEAM PHILIPINES
6. CHARM ALL-STARS (Malaysia)
7. ICC ALL-STARS (Indonesia)
8. MAGNUM FORCE (Singapore)


15 BESAR KESELURUHAN (JAPAN + INTERNATIONAL TEAMS)

1. BRAVES (Japan)
2. RAIDERS (Japan)
3. GOLDER BEARS (Japan)
4. DEVILS (Japan)
5. TOMBOYS (Japan)
6. REGULUS (Japan)
7. THAILAND
8. PYRATES (Japan)
9. THREE NAILS CROWNS (Japan)
10. BRONCOS (Japan)
11. MONSTER (Chinese Taipei)
12. BUFALLOS (Japan)
13. TIGERS (USA)
14. SPIDERS (Japan)
15. REESES (Japan)

3 BESAR PARTNER STUNT COMPETITION:
1. THAILAND
2. MONSTER (Chinese Taipei)
3. BRAVES (Japan)

Rekap score serta foto dan video akan segera menyusul, jadi sabar yaaa… 🙂

Akhir kata, segenap keluarga besar ICC dan ICC All-Stars mengucapkan terima kasih yang tak terhingga bagi seluruh pecinta cheerleading di Indonesia yang tidak hentinya memberikan dukungan moral bagi tim ICC All-Stars, serta bagi pihak-pihak tersebut di bawah ini yang telah membantu dari berbagai sisi hingga akhirnya tim ICC All-Stars dapat berangkat ke Jepang kali ini.

Terima kasih yang tak terhingga secara khusus kami ucapkan kepada :
– Ketua Umum KONI Pusat
– Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga
– Kepala Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Timur
– Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia
– Dinas Imigrasi Jakarta Selatan
– Ibu Femy (Bagian Pengurusan Visa Japan Embassy)
– Ibu Endang, we will never make it without your help.
– Bpk. Deddy (A Mild)
– Anis, Beby, Tiara, dan segenap kru Mahaka Sports lainnya.
– Semua orang tua anggota tim ICC All-Stars atas dukungannya
– Segenap pendukung ICC All-Stars di seluruh Indonesia

Use Facebook to Comment on this Post

10 Comments on "The 2nd Cheerleading Asia International Open"

  1. Congratz ICC
    GO !
    FIGHT !
    WIN !

  2. keren!
    terus tingkatin prestasina yh.
    jgn lupa lain kali ajak2 wariors.
    smangat!

  3. icc hebat. u all have done well! well its all about time, kita pasti bisa kalahin jepang. halah… go icc!

  4. COOOOOOOOOOLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL !!!!!!!!!!!
    TErima kasih ICC !! NAma Indonesia sampe luar negri juga… THun Depan pasti LEbIh Oke LAgi Yah !!

  5. Guys,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, gw liat vido perform lombanya, merindiiinnggggg,,,,,, itu dibelakang sapa? suporrternya rame bgt ?

    Kalian percaya. Kalian harus percaya, Kalian HEBBAT SANGAD !

  6. slamat bwt team ICC ALL-STARS yg sudah membawa nama indonesia ke kancah internasional…………………….sukses bwt ALL-STARS………………………….

  7. sattu katta buaad ICC.KEREN.
    pokokke DEE BESS dehbwd ICC……

  8. good job, meskipun technically kurang bagus dari yang laen, at least kalian lebi rapi daripada philiphines, mereka aday ang falling segala

    keep up the good work guys..

  9. hiiiiiiiii icc
    aq mw tanya,caranya gabung di icc .gmana yach????
    yang kyak di potho galery it loh?????

    blzzz yachhhhhh

  10. ayo ICC majjuu… kalian pasti bisa menyaingi tim2 lain…. saya doakan yahkk…sukses buat ICC ALL STARS

Comments are closed.