IFC Class I Coaches Training & Examination Hosted by ICC

Class I Untuk pertama kalinya, di Indonesia telah diadakan sertifikasi pelatih Cheerleading bertaraf Internasional! ICC selaku anggota resmi IFC, mengadakan ICC Clas I Coaches Training & Examination di Jakarta, Indonesia. Buat yang belum tahu, ini adalah semacam sertifikasi untuk pelatih Cheerleading, dimana yang lulus ujian nantinya akan mengantungi sertifikat pelatih Cheerleader dan terdaftar secara resmi di Kantor Pusat IFC di Tokyo, Jepang.

Class I Pelatihan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yakni 2 hari pelatihan dan 1 hari ujian praktik + tertulis. Semua materi pelatihan didatangkan langsung dari IFC, lengkap dengan soal-soal ujian serta lembar jawabannya. Semua materi pelajaran serta ujian akan diselenggarakan dalam bahasa INDONESIA. Rencana awal menggunakan bahasa Inggris, namun setelah mendapat masukan dari IFC, maka diputuskan untuk men-translate modul ke Bahasa Indonesia, serta soal ujian juga dalam bahasa Indonesia, karena tujuan IFC adalah agar materi yang diberikan bisa tersebar ke seluruh dunia, termasuk juga diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Class I Sertifikasi ini tidak seperti coaching clinic atau cheers camp yang mengajarkan bagaimana menjadi “Cheerleader yang baik”, namun mengajarkan bagaimana menjadi “Pelatih Cheerleader yang baik”. Materi pelajaran berfokus pada safety, filosofi mendalam tentang unsur-unsur dalam Cheerleading, bagaimana menjadi pelatih yang baik, benar, dan aman, serta tentu materi teknik Cheerleading.

Sebanyak 18 orang pelatih Cheerleader dari Jakarta dan Surabaya ikut serta dalam event ini, dan semuanya tampak tekun dan bersemangat dalam menyimak setiap pelajaran yang diberikan oleh instruktur. Setelah melalui 2 hari belajar, serta mengikuti tes tertulis dan praktik di hari ketiga, 5 orang berhasil lulus, dan dengan demikian secara resmi mengantungi sertifikat CLass I ini.
Mereka yang lulus tersebut adalah :
1. Wendy Zelda Helling – Jakarta
2. Silvia Windy – Jakarta
3. Lusianawati – Jakarta
4. M. Franky Faizal – Surabaya
5. Agus Wibowo – Surabaya
Class I

QUESTION & ANSWER:

Apa itu IFC Class I Coaches Training & Examination
IFC Class I Coaches Training and Examination adalah sertifikasi kepelatihan Cheerleading bertaraf internasional yang diakui secara resmi oleh IFC (International Federation of Cheerleading). Peserta akan mengikuti 2 (dua) hari pelatihan intensif, untuk yang kemudian diujikan untuk mendapat sertifikat.

Apa syaratnya untuk lulus?
Untuk dapat dinyatakan lulus, peserta harus:
1. Hadir dan mengikuti kegiatan belajar mengajar selama 2 (dua) hari
2. Lulus test tertulis dengan menjawab setidaknya 70 dari 80 pertanyaan dengan benar,
3. Lulus test praktik.

Bagaimana bila peserta tidak memenuhi salah satu syarat di atas?
Jika tidak memenuhi salah satu dari ketiga syarat di atas, maka peserta dinyatakan TIDAK LULUS, dan dapat mengikuti kembali Class I di kesempatan lainnya. Tidak akan diadakan ujian susulan, atau Ujian Perbaikan, bagi peserta yang tidak lulus dalam tes tertulis maupun lisan.

APa keuntungannya ikut IFC Class I?
1. Ilmu Pengetahuan. Menambah ilmu tentang Cheerleading sesuai standar Internasional IFC.
2. Kredibilitas. Memiliki Sertifikat Kepelatihan Cheerleading yang diakui di dunia Internasional
3. Memenuhi Prasyarat untuk ikut Class II dan Judging Examination. Memiliki sertifikat Class I adalah salah satu prasyarat untuk mengikuti sertifikasi tingkat berikutnya, yakni Class II dan Judging Examination.
4. Kesempatan Untuk Go Internasional. Dengan memiliki sertifikat Class I dari IFC, terbuka kesempatan untuk melatih tim Cheerleader di luar negeri. Bahkan dengan sertifikat tingkat lanjutan (Class II dan Judges Certification), terbuka kesempatan untuk menjadi instruktur Class I di Negara lain, maupun menjadi Juri dalam berbagai kompetisi Cheereading INternasional.

Apa saja yang dipelajari?

Materi yang akan dipelajari dalam Class I adalah materi dasar Cheerleading, yang antara lain meliputi istilah dasar Cheerleading, teknik dasar Cheerleading, serta standar yang harus dikuasai dan dimiliki oleh seorang pelatih Cheerleading yang baik.

Apa saja yang menjadi materi ujian tertulis maupun praktik?
Materi ujian adalah berdasarkan apa yang dipelajari selama 2 (dua) hari pendidikan berlangsung.

Use Facebook to Comment on this Post

23 Comments on "IFC Class I Coaches Training & Examination Hosted by ICC"

  1. kalo bisa tanpa biaya yach…
    🙂

    biar cepet maju ni cheerleading di indonesia

    education for free…

  2. hehe..
    pengennya banget si tanpa biaya.. tapi kan kita mesti setor ke IFC juga, trus juga untuk sewa gedung, cetak buku, dll.. gitu.. jadi mohon pengertiannya yaa.. 🙂
    thanks!

  3. aku mau ikutan duunk….bisa gak lewat on line…hehehehe

  4. ko aku ga tau sie? sombong nie…hehehe…
    blh ikutan ga?

  5. icc saya mau tanya, persyaratannya umur ny harus berapa ya ? lalu apakah ini diadakan hanya di jakarta atau ada tempat lainnya di jakarta? terimakasih

  6. kpn yahh acarana..??
    n biayana kira” brp..??
    thx b4.. ^__^

  7. by the way , panitianya sendiri dah pada punya sertifikasi belum ????

  8. @b-25
    udah lah 🙂
    ada 4 orang instruktur dari Indonesia yang uda lulus sertifikasi di Jepang tahun lalu 🙂
    3 orang sertifikat class I, dan 1 orang lagi class II (november besok mau ikut sertifikasi juri di Rusia, doain ya.. )

  9. kak oki dirikuwh sangadh ingin mengantongi sertifikasi tersebut

    (halah)bahasa gue berlebihan

    tapi kenapa mahal yah kak kasian anak mahasiswa yang kantongnya pas2an seperti daku ini buat makan saja sulit…

    tapi pengen punya bekel tentang cheerleading

    gimna kalo cari sponsor kak oki..
    wkwkwkw…
    dari KONI ato komersial brand githu

    jadi biar yang berminat dan gak punya duit kyak aku bisa ikudh githu…
    ato perlu surat keterangan miskin dari RT/RW?
    wkwkwkw

    go fight win

  10. umur 17 tahun udah bolehh donkkk… masa minimal umurnya 18 tahunnn??… aku mau ikuttt!! :D:D:D:D:D:D:D:D

  11. WOOOOOW keren banget kalo ada sertifikasi kan cheer berarti bukan dipandang sebelah mata lg cuma pemanis aja tapi udah merupakan bagian yg tdk dapt dipisahkan
    Bravo Cheers.http://tinyurl.com/6x9pk7

  12. via online aja pak…. lagi di Thai tuh,.. :'( plsssssssss…….

  13. Untuk materi praktek & ujian yang dilakukan proses mengajarnjya atau melakukan materi??? he he

  14. yang bisa ikut hanya yang tergabung dengan ICC ? kalau bisa untuk umum, terakhir pendaftaran kapan : )

  15. hmm..hmmm…
    tes pengetahuan oke..
    dateng coaching oke…
    tes praktik?? hya,,, mati kamu,, hahgz,,, ne yg repot,, palagy klo teknik yg d ajarin, ewh, maksudq, yg udh d plajari tu beda2… Ad yg teknik learn by doing alias teknik by the way, teknik asal liat d intermet, teknik copycat tim laen, dan teknik standar…
    Emm. teknik standar sndiri klo gag slah,,(maaph klo slah).. d bbrapa negara beda juga klo setauq… me ikt teknik standar manah??? d sby sndri, d sene,, ada beberapa teknik yg d pake,, bnunh mw make yg mana,, akhirnya q make teknik mixing hahagz ngaco,,, jd gmn dunx??

  16. oopz, maksudq, ikt teknik standar cheerleading manah,, btw thx undangan via smsnya ka oki,,, tp mwahaall gilakk,, hahgz, dpt hape cdma 2 tuh hehe,,

  17. @Rick

    Emang kemahalan ya? hehe.. itu uda murah banget tau untuk sertifikasi sekelas ini 🙂 Soalnya kita mesti setor juga ke kantor pusat di Jepang, trus buat sewa gedung, modul, makan siang, dll.. gitu..

    standar mana? hmm.. klo kmu perhatiin, di seluruh dunia sebenernya standar teknik Cheerleading itu pasti sama. Dari amerika ampe afrika selatan pasti sebutnya elevator, atau extension, atau istilah2 lainnya. Sama kaya olahraga lain, basket misalnya, di seluruh dunia pasti namanya sama, dribble, 3 point, travelling violation, dll.. 🙂
    Kalo selama ini setau kamu ada yg ga sama, itu berarti bikinan orang Indonesia aja yang terlalu kreatif, tanpa tau bahwa di belakang teknik yg bener itu ada alesannya, SAFETY. 🙂 gitu..

    kalo pun misalnya di tiap negara ada yang beda, itu paling cuma COMPETITION RULES, atau sejauh mana batasan SAFETY RULES-nya. Misalnya, di Amerika ada yang mengijinkan pyramid 3 level untuk tingkat all-stars, atau misalnya di Eropa, untuk tingkat junior boleh basket toss back-tuck (which is strictly prohibited in the other part of the world). Gitu..

    Nah, yang akan dipelajari nanti sebenernya lebih berfokus pada “menjadi PELATIH cheerleader yang baik”, bukan menjadi Cheerleader yang baik.. jadi kita tidak akan belajar mendalam tentang teknik Cheerleading, tapi masi banyak hal lain, terutama yg berhubungan dengan safety, yang (seharusnya) mesti diketahui oleh Pelatih Cheerleader. gitu..

    Gimana? jadi mo jual 2 HP CDMA bwt ikutan? hehe.. HP paling cuma tahan 1-2 tahun. Kalo ilmu kan tahannya seumur hidup tul ga? 😉

  18. Betul bgt kak OKY! hahaha..aku mau bgt, tapiiii..masih 17 tahun..hahahaha…setahun lagii..hihihi..

  19. aq ingin ikut icc kalau dibolein . aq ingin jadi anak cheers untuk menang dan membangakan indonesia.

  20. duh. . …..mo bgt nigh

    andai sj aq bisa gabung di teamnya icc gw bersyukur bgt
    ajak dunk untuk masuk team. . . .
    dari dulu gw pengen bgt masuk anggota cheerleader. . .
    apalagi team dari icc . . .wow. . .mau dunk. . . .
    ajak yagh ke teamnya. . . .

  21. wah
    sayang banget smk darussalam gak jd ikut
    padahal seru bgt tuh ???
    yah tahun depan deh

    salam buat k anon , n kak oky yah

  22. Kak Okky
    klo leh tau brpa biayanya??
    lo Umurnya dah 18thn Boleh ikut kan???
    Truss untuk yang Dari KALTIM gmna??

    Tessnya susah ga kak??
    makasih…

  23. ih aku pengen deh masuk icc

Comments are closed.