NCC 2010

National Cheerleading Championship, untuk ketiga kalinya, telah diadakan pada tanggal 25 April 2010 di Hall Basket Senayan, Jakarta. Kejuaraan Nasional kali ini diikuti oleh 80+ tim dari seluruh Indonesia, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah Cheerleading Indonesia, kita kedatangan tim dari luar negeri. Tidak hanya satu, namun ada 6 tim dari 4 negara ikut ambil bagian dalam NCC 2010. Tim DIPPERS (Nihon University) dan RAIDER S (Baika Women University) ikut dalam kategori Partner Stunt All-Female, demikian pula tim P.U.P Stars dari Polytechni c University of Philippines. Sementara tim THAI STUNt dari Rangsit University Thailand dan DENVERS ALL-STARS dari Singapore ikut dalam kategori Partner Stunt Mixed. Tidak ketinggalan pula tim MAGNUM FORCE dari Singapore bertanding melawan tim-tim Indonesia di kategori Open Division.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, NCC 2010 kali ini juga mendatangkan Juri dari Luar Negeri, yakni dari Jepang, Thailand, Singapore dan Philippines. Kita sangat bersyukur karena tahun ini seorang pakar Juri dari FJCA (Foundation of Japan Cheerleading Association), Ms. Ayako Kitano, turut datang sebagai salah satu juri dalam event ini. Asal tahu saja, Ms. Ayako adalah “boss”nya juri, termasuk salah satu orang yang menyusun semua Competition Rules dan Safety Guideliness dari IFC yang kita gunakan hingga sekarang. Selain itu pula, seperti tahun sebelumnya, NCC tahun ini kembali memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum KONI Pusat, dan Hadiah Uang Tunai total 33 juta rupiah.

Berikut liputan singkat untuk tiap kategori:

PARTNER STUNT ALL-FEMALE

Karena ada 4 tim luar negeri dalam kategori ini, maka untuk tahun ini Juara Kategori ini dibagi lagi menjadi 2 (dua) sub kategori , yakni sub-kategori “Internasional” dan “Lokal”. Di kategori Internasional, seperti sudah diprediksikan sebelumnya, tim RAIDERS yang langganan juara di Jepang, mampu meraih juara pertama. Sepanjang 60 detik penampilannya, tim RAIDERS A maupun RAIDERS B tidak henti-nya mengundang decak kagum penonton. Mereka melakukan tick-tock dengan sangat mulus, sesuatu yang belum pernah dipertunjukkan oleh tim-tim Indonesia. Body awareness serta flexibility dari RAIDERS maupun DIPPERS juga sangat luar biasa, menunjukkan betapa kerasnya mereka berlatih. Sementara itu tim P.U.P STARS juga menunjukkan penampilan yang cukup memukau, di atas rata-rata tim Indonesia pada umumnya.

Untuk Partner Stunt All-Female kategori “Lokal”, tim BLITZER GOLD B dari SMA 2 Bekasi berhasil menggondol juara pertama, dengan selisih poin cukup jauh dengan juara kedua, GAZELLES dari SMA 82 Jakarta. Sementara DETAK GOLD dari SMA 26 Jakarta membawa pulang gelar juara ke-3, dengan hanya selisih satu poin dengan peringkat keempat FIVERS dari SMA 5 Bandung.

PARTNER STUNT MIXED

Sama halnya dengan kategori All-Female, kategori ini juga dibagi menjadi dua sub-kategori, yakni juara “Internasional” dan “Lokal”. Di bagian internasional, tim THAI STUNT dari Rangsit University, Thailand, bisa jadi menjadi highlight utama dalam sepanjang penyelenggaraan NCC 2010 tahun ini. Mulai dari basket toss layout full-twist, toss up to double cupie, tick-tock heelstretch, semuanya dipertunjukkan oleh tim THAI STUNT dengan FLAWLES! EFFORTLESS! Nyaris tanpa cacat!!! Walau hanya tampil selama 60 detik, namun penampilan tim THAI STUNT menjadi penampilan yang tidak akan terlupakan oleh semua peserta yang hadir serta 1900 penonton yang memadati Hall Basket Senayan sore itu. Tim THAI STUNT, dengan sangat jelas, membawa pulang gelar juara pertama dengan skor 125 dari total kemungkinan 150 poin. Wow!!

Tim internasional lainnya yang tampil adalah DENVERS ALL-STARS, yang, kendati tanpa single-base stunt (sesuatu yang “wajib” untuk meraih skor tinggi dalam kategori Partner Stunt Mixed), namun juga cukup memukau penonton. Bayangkan saja, selama 60 detik rutin mereka, top person-nya hanya 1x menyentuh tanah, itupun hanya sentuhan kecil saja. Bisa dibayangkan betapa rutin yang sangat melelahkan, namun mereka melakukannya dengan sangat baik dan cukup rapih.

Di kategori Lokal, persaingan sangat ketat terjadi antara tim HEROES dari Surabaya dengan DREAMS ALL-STARS B dari Jakarta. Masing-masing tim sama-sama unggul di bagian tertentu, membuat perolehan nilai keduanya SANGAT KETAT. Namun akhirnya tim HEROES berhasil menggondol juara pertama dengan hanya selisih 1 poin dari tim DAS B. Sementara tim DAS A meraih juara ketiga, dengan hanya selisih satu poin dengan tim MPS ALL-STARS, juara Partner Stunt Mixed tahun lalu.

CHEERLEADING KATEGORI SMP

Kendati tidak diikuti oleh THIRTEEN SQUAD (SMP 13 Bandung) , Juara tahun lalu, namun tidak mengurangi greget kategori SMP tahun ini. Tim FROOTO FIVE (SMP 255 Jakarta) yang difavoritkan untuk juara tahun ini, sayang sekali harus mengaku kalah dari BARSTWO dari SMP 2 Bandung. FROOTO FIVE sebenarnya bisa saja unggul, jika saja waktu rutin mereka tidak melebihi batas waktu 3 menit yang ditetapkan dalam Competition Rules, sehingga mengakibatkan mereka terkena pengurangan nilai 10 poin sesuai peraturan.

Di lain pihak, juara ketiga O-TWO dari SMP 11 Jakarta, sebenarnya bisa meraih poin lebih tinggi jika mereka tampil lebih baik. Sayangnya beberapa pyramid dan stunt mereka gagal, sehingga menyebabkan pengurangan poin yang cukup banyak. Selain itu juga, tim ESPERO dari SMP 2 Semarang, yang sudah 3 kali langganan ikut NCC sejak tahun 2008, walau hanya tampil dengan 10 orang, namun tampil cukup rapi dengan skill yang cukup matang. Mereka menduduki peringkat ke-4, dengan hanya selisih satu poin dengan O-TWO.

CHEERLEADING KATEGORI SMA

Sebagai kategori utama yang memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum KONI Pusat, kategori ini jelas sangat bergengsi, menarik 44 tim SMA dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan kota besar lainnya di Indonesia.

Persaingan sangat ketat terjadi di tiga besar kategori ini. Bayangkan saja, juara pertama hingga ketiga hanya terpaut 4 poin (total maks 300 poin). Persaingan antara GAZELLES dari SMA 82 Jakarta dan FIVERS dari SMA 5 Bandung, yang berlangsung sejak NCC 2008, kembali terjadi untuk tahun ini. GAZELLES yang tampil dengan speed yang sangat cepat dan tingkat kesulitan yang sangat tinggi, sayangnya gagal dalam beberapa stunt dan pyramid, sehingga membuat mereka kehilangan banyak poin. Sementara FIVERS yang juga tidak kalah hebatnya, tampil sedikit lebih rapih namun sedikit kurang cepat speed dan transition-nya. Pada akhirnya, berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri, GAZELLES unggul dengan selisih hanya 0,5 poin dari FIVERS!! Bukan main persaingan kedua tim ini.

Peringkat ketiga jatuh kepada tim WIZARDS dari SMA 3 Surabaya, yang sebenarnya cukup difavoritkan, melihat kesuksesan mereka menyabet juara Nasional untuk kompetisi serupa Cheerleading beberapa bulan sebelumnya. Sayangnya WIZARDS tampil kurang rapih dan masih sedikit di bawah kedua tim di atasnya.
Tim BLITZER dari SMA 2 Bekas, adalah salah satu tim yang cukup diunggulkan sebelumnya, mengingat mereka kerap kali menjuarai beberapa kompetisi lokal di Jakarta sebelum NCC berlangsung. Kendati demikian, dengan hanya 11 orang, tidak banyak yang bisa dilakukan oleh BLITZER melawan ketiga tim di atasnya, yang tampil dengan 15-16 orang, sehingga mereka harus puas dengan membawa pulang gelar Juara ke-4.

Persaingan yang sangat ketat juga terjadi di peringkat ke-4 hingga ke-7, dengan hanya selisih 2 poin di antara kesemuanya! Peringkat 5,6 dan 7 berturut-turut adalah tim PKC A dari SMA 70 Jakarta, tim CHOELAS dari SMA BPI 1 Bandung, dan CHOELAS dari SMA 17 Jakarta. Sementara peringkat 8, 9, dan 10 berturut-turut, adalah tim E.T.C (junior tim GAZELLES), TWICE dari SMA 22 Jakarta, dan di peringkat 10 adalah tim yang belum pernah masuk 10 besar NCC sebelumnya, yakni DAZZLE dari SMA 47 Jakarta.

CHEERLEADING KATEGORI UMUM (OPEN DIVISION)

Di kategori ini, Tim MAGNUM FORCE dari Singapore akhirnya berhasil mengungguli tim CROWN A dari Bandung, dengan hanya selisih 3,5 poin. Catatan cukup menarik dibuat oleh peringkat ketiga, DREAMS ALL-STARS dari Jakarta, yang menjadi tim Indonesia pertama yang mempertunjukkan basket toss layout twist, suatu teknik yang cukup sulit dan membutuhkan skill gymnastic yang sangat matang.

Tim FROG ALL-STARS dari Bandung, CROWN B, dan MPS ALL-STARS dari Balikpapan, berturut-turut meraih peringkat 4,5 dan 6 untuk kategori ini.

Catatan lainnya, sangat disayangkan, tim GRAZER ONE dari Jakarta mengalami kecelakaan yang cukup fatal, sehingga di tengah-tengah penampilannya, Dewan Juri terpaksa menghentikan penampilan, dan tidak memberi nilai bagi tim ini, kendati mereka sebenarnya tampil cukup baik secara keseluruhan. Sementara itu sangat disayangkan, tim GLIDERS yang datang jauh-jauh dari Manado, terpaksa batal tampil, karena salah seorang anggotanya cedera saat babak rehearsal.

===============================================

Di luar dari insiden kecil yang terjadi di tengah-tengah acara, secara keseluruhan, NCC 2010 tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses, dan sudah jauh lebih baik dibanding tahun lalu. Hal yang sedikit mengganggu adalah Hall Basket Senayan yang rupanya tidak cukup besar untuk menampung 1200+ peserta dan 1900+ penonton, sehingga penuh sesak dan cukup panas saat siang hari, kendati sudah diperlengkapi dengan cooling-fan disana-sini. Kondisi ini tampaknya mengharuskan panitia untuk memindahkan NCC tahun depan ke venue yang lebih besar lagi, dan mungkin seleksi di tiap daerah, agar tidak terlalu banyak tim yang tampil dalam satu hari.

Catatan penting pula, bahwa NCC 2010 telah menjadi tonggak sejarah dalam dunia Cheerleading Indonesia, dimana untuk pertama kalinya Indonesia kedatangan tim Cheerleader dari luar negeri, yang mempertontonkan skill yang tadinya hanya bisa kita saksikan dari kepingan DVD atau streaming video dari Youtube. Mudah-mudahan hal tersebut dapat memacu tim Indonesia untuk berlatih lebih keras lagi, dan mengejar ketertinggalan dibanding negara Asia lainnya, sehingga suatu saat nanti Cheerleading Indonesia menjadi kekuatan yang diperhitungkan di Asia pada khususnya, dan di dunia pada umumnya.
Akhir kata, segenap Panitia NCC 2010 mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, bagi para sponsor dan pendukung acara, para peserta, penonton, serta semua pihak yang terlibat dalam NCC 2010. Tidak lupa pula kami ucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan baik yang kami sadari maupun tidak, yang terjadi dalam NCC 2010 tahun ini, baik selama proses persiapan maupun pada saat hari-H, dan kami berjanji semua kekurangan tersebut akan kami jadikan pelajaran untuk pelaksanaan NCC 2011 tahun depan.

Maju terus Cheerleading Indonesia!

==============================================

Hasil Lengkap NCC 2010 adalah sebagai berikut:

CHEERLEADING SMP
1 Barstwo SMP 2 Bandung 186
2 Frooto5 SMP 255 Jakarta 180
3 O Two SMP 11 Jakarta 166
4 Espero SMP 2 Semarang 165
5 Tigers SMP 161 Jakarta 163.5
6 Reds SMP 19 Jakarta 162
7 Charts SMP Tarbak Bdg 161.5
8 Twics SMP 216 Jakarta 159
9 Bambies SMP 12 Jakarta 150.5
10 D’Storm SMP 81 Jakarta 148.5
11 V-King SMP 5 Bandung 140
12 OneMGU SMP 1 Margahayu 134
13 Seva SMP 75 Jakarta 122
14 Scarlette SMP 1 Jakarta 118
15 Cyrens SMP 68 Jakarta 118
16 Storm SMP 1 Bekasi 113
17 Pinky SMP 19 Jakarta 113
18 Smatic SMP 115 Jakarta 106.5
Catatan: Marbles (SMP Pembangunan Jaya Jakarta) mengundurkan diri

CHEERLEADING SMA
1 Gazelles SMA 82 Jakarta 177
2 Fivers SMA 5 Bandung 176.5
3 Wizard SMA 3 Surabaya 173
4 Blitzer SMA 2 Bekasi 163.5
5 PKC A SMA 70 Jakarta 162.5
6 Choelas SMA 17 Bandung 162
7 Cheepione-SMA BPI 1 161.5
8 ETC SMA 82 Jakarta 155.5
9 Twice SMA 22 Jakarta 152.5
10 Dazzle SMA 47 Jakarta 151
11 Twister SMA 2 Purwakarta 143
12 Thunders SMA 3 Semarang 141
13 GlamazonSMA 7 Bandung 138.5
14 Smile SMA 5 Madiun 137.5
15 STC Rangers-SMA 3 Madiun 137.5
16 PKC B SMA 70 Jakarta 134
17 Dcs Green-SMA 26 Jakarta 133.5
18 Sixers A SMA 6 Jakarta 133.5
19 ThreeCSquad – SMA 3 Cimahi 131
20 Stingers Blue SMA 6 Tng 125
21 Clamstar SMA 14 Bandung 121.5
22 Eighters SMA 8 Bandung 116
23 Sparkle SMA 3 Jakarta 111.5
24 BST SMA 72 Jakarta 110
25 Seven Soul-SMKN 7 Bandung 109
26 Detak White-SMA 26 Jakarta 107
27 TCS SMA 3 Jakarta 105
28 Clovers SMA 7 Semarang 77
29 NTS SMA 19 Bandung 0
30 VBC White- SMA 21 Jakarta 0
31 VBC Blue-SMA 21 Jakarta 0
32 TOC Silver- SMA 31 Jakarta 0
33 Twenty SMA 20 Bandung 0
34 Zeal SMA 23 Jakarta 0
35 TOC Gold SMA 31 Jakarta 0
36 Stingers Gold SMA 6 Tng 0
37 Legals SMA 5 Depok 0
38 TNT SMA 22 Bandung 0
39 Phoenix SMA Gonzaga 0
40 C1C SMA 1 Tng 0
41 Sixers B SMA 6 Jakarta 0
Catatan: Nilai saat babak utama (bukan rehearsal).

CHEERLEADING OPEN DIVISION
Magnum Force Singapore 207
Crown A Bandung 203.5
Dreams All-Stars-Jakarta 188
Frog All-Stars Bandung 177
Crown B Bandung 174.5
MPS All-Stars Balikpapan 172
Warriors Jakarta 140
Heroes Surabaya 123
Snake Bandung 119
Golden Frog Bandung 117.5
Elite CF Jakarta 116.5
G.O. Jakarta 0
Gliders Manado 0
Catatan: Penampilan G.O. dihentikan oleh Dewan Juri sehingga tidak dinilai. Gliders tidak tampil saat babak utama.

PARTNER STUNT ALL-FEMALE
1 Raiders A Baika University 129
2 Raiders B Baika University 123
3 Dippers Nihon University 100
4 PUP Stars – Philipines 93
5 Blitzer Gold B – SMA 2 Bekasi 87
6 Gazelles – SMA 82 Jakarta 72
7 Detak Gold -SMA 26 Jakarta 71
8 Fivers B – SMA 5 Bandung 70
9 Golden Frog Bandung 65
10 Red Nails Umum 63
11 Blitzer Blue SMA 2 Bekasi 60
12 Blitzer Gold A SMA 2 Bekasi 58
13 PKC SMA 70 Jakarta 55
14 TNT SMA 22 Bandung 54
15 Grafity SMA Yakobus 51
16 Small SMA Labschool 50

PARTNER STUNT MXED
1 Thai Stunt Thailand 125
2 Denvers Singapore 96
3 Heroes Surabaya 91
4 DAS B Jakarta 90
5 DAS A Jakarta 72
6 PUP Stars Philipines 71.5
7 MPS All-Stars B Balikpapan 71
8 MPS All-Stars A Balikpapan 63.5
9 G.O. Jakarta 56
10 Snakes Bandung 54
11 Frog All-Stars Bandung 46.5
12 Bouncy SMA Marsudirini 46.5
13 Crown B Bandung 44
14 Clovers Semarang 41.5
15 Crown A Bandung 0
Catatan:Crown A mengundurkan diri karena cedera

Use Facebook to Comment on this Post

8 Comments on "NCC 2010"

  1. kalo smisal taun lalu ada trailer, knapa taun ini ga ada ya? atw emang blum keluar?

  2. ih… tiketnya mahal banget, 35.000…. knp gk 10000 gitu?

  3. sumpah keren bgt…..NCC kmrn….gw jadi tertarik! jd pengen pindah cabang olah raga dari yang gw geluti saat ini… boleh gk ya?????

    gw blh join gk???????????

  4. kira-kira bakal ada di TV ga ya?

  5. kapan ada lagi y,

  6. Yahhh ketinggalan lagih tahun ini!!!!!!!!!

  7. kok grafity ga ada sih

  8. berlian bebe | August 10, 2010 at 10:37 am |

    alhamdullilah masii bisa masuk 15besar..
    semoga tahun depan STC Rangers bisa lebih baik..
    amin ^_^

Comments are closed.