CAIOC 2010

Cheerleading Asia International Open 2010
Untuk keempat kalinya berturut-turut, ICC mengirim tim Cheerleading untuk berpartisipasi dalam Cheerleading Asia Open Championships (CAIOC) digelar oleh FJCA di Tokyo, Jepang. Invitasi Cheerleading Internasional ini berlangsung tanggal 14-15 Mei 2010 di Yoyogi National Gymnasium, Tokyo, Jepang.

Setelah 3 tahun sebelumnya diikuti oleh tim ICC All-Stars, untuk tahun ini tim yang dikirim adalah tim GAZELLES (SMA 82 Jakarta) dan Partner Stunt BLITZER (SMA 2 Bekasi) sebagai juara Kategori SMA dan Partner Stunt All-Female dalam NCC 2010. Ini merupakan salah satu tonggak bersejarah dalam dunia Cheerleading Indonesia, dimana untuk pertama kalinya tim SMA Indonesia mengikuti kompetisi Cheerleading di luar negeri. Dengan mengirim bibit-bibit muda ini, diharapkan regenerasi dalam dunia Cheerleading Indonesia berjalan dengan baik, karena generasi muda memiliki masa depan yang lebih panjang.

Cheerleading Asia International Open 2010GAZELLES dari SMU 82 Jakarta, yang merupakan tim All-Female satu-satunya dalam kategori tim Internasional, berada dalam satu divisi dengan tim-tim papan atas, seperti CMIT dari Chinese Taipei, NTU Aces dari Singapore, dan Vanquish dari Thailand. Selain itu pula, Gazelles adalah satu-satunya tim tingkat SMA, dimana tim lainnya adlaah tingkat Universitas atau klub. Notabene, sejak awal tim Gazelles tidak memasang target untuk juara, dan semata-mata hanya untuk berburu ilmu dan pengalaman yang didapat dalam mengikuti kompetisi ini. Kendati demikian, Gazelle mendapat banyak pujian dan acungan jempol, terutama dari tim luar negeri lainnya, karena tidak banyak tim All-female di negara mereka, dan mereka sangat salut dengan apa yang dipertunjukkan oleh Gazelles kendati mereka tim All-Female tingkat SMA.

Cheerleading Asia International Open 2010Sementara itu, Partner Stunt All-Female BLITZER dari SMA 2 Bekasi, berada dalam satu divisi bersama tim Mixed yang tidak kalah hebatnya, seperti CMIT dan TPEC dari Chinese Taipei, dan tim Vanquish dari Thailand. Pada akhir hari kedua, tim Partner Stunt BLITZER berhasil meraih peringkat ke-4 dari 6 peserta, di atas Tim TETCHEER dari Kazakshtan dan tim Capitol University dari Philippines.

Di atas segalanya, sekali lagi, prestasi bukanlah target dari keikutsertaan GAZELLES dan BLITZER dalam CAIOC 2010 kali ini, karena sebelum berangkat pun sudah paham betul tentang kekuatan tim-tim lawan yang sudah memulai Cheerleading belasan tahun lebih dahulu dibanding Indonesia. Pengalaman dan bekal ilmu, adalah target utama kedua tim Indonesia tersebut, dan tampaknya itu semua mereka peroleh dengan baik selama kunjungan 5 hari di Tokyo tersebut.

Selamat untuk GAZELLES dan BLITZER atas segala kerja keras dan pencapaian yang telah diraih, dan semoga ilmu yang diperoleh dapat digunakan sepenuhnya untuk kemajuan dunia Cheerleading Indonesia. GFW!

Cheerleading Asia International Open 2010

Cheerleading Asia International Open 2010

Use Facebook to Comment on this Post

3 Comments on "CAIOC 2010"

  1. want 2 join wth ACC..

  2. salut buat Indonesian Team, GAZELLES dan BLITZER!
    Majukan Dunia Cheers di Indonesia dgn bekal yang kalian dapat di CAIOC 2010 ini.
    semoga Indonesia bisa lebih maju dan berkembang lagi, amin.

    GFW ICC.
    Bravoooooo!!!!

  3. haduuuw…
    .. pengeeend…
    , . . q kpan yya..??

Comments are closed.