Medali Perak Untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia Cheerleading 2017

Sejarah baru tercetak dalam dunia olah raga Cheerleading Indonesia, dimana untuk pertama kalinya Indonesia berhasil meraih medali Kejuaraan Dunia Cheerleading, yakni dalam the 9th Cheerleading World Championships (CWC) 2017, pada tanggal 11-12 November 2017, di Takasaki Arena, Takasaki City, Jepang, yang diikuti oleh 102 tim dari 29 negara. Tim Indonesia berhasil membawa pulang medali perak dalam divisi Cheerleading Junior 1 (usia 7-12 tahun), mengalahkan lawan-lawan dari Rusia, Thailand, Hong Kong, dan lainnya.

Dalam event yang berlangsung selama 2 hari tersebut, tim Indonesia diwakili oleh Tim Cheerleading Baby-G dari SD Santo Yakobus Jakarta, sebagai Juara Nasional dalam Kejuaraan Nasional Cheerleading 2017 yang diselenggarakan oleh Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI) di Jakarta bulan Mei 2017. Walau dengan waktu persiapan yang relatif singkat, dan tanpa dukungan dari pemerintah, namun mereka dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia, di bawah “tangan dingin” dari pelatih Ms. Wendy Zelda Helling, dan asisten pelatih Mr. Timotius Ardi Kurniawan Sinlae.

Dalam divisi lainnya, yakni Divisi Cheerleading Doubles, tim Indonesia yang juga turut berpartisipasi mampu tampil rapi dan duduk di urutan ke-12, mengungguli tim Jerman, USA, Korea, dan beberapa tim lainnya. Selain itu pula, Ketua Umum FCSI, Mr. Oki Trihartomo, juga didaulat menjadi salah satu Dewan Juri dalam Kejuaraan Dunia ini, bersama 8 orang lainnya di panel Juri, yang berasal dari Jerman, Rusia, Jepang, Cina Taipei, Singapore, Thailand, dan Philipinnes.

Cheerleading World Championships adalah puncak tertinggi olah raga Cheerleading di Dunia, yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali oleh International Federation of Cheerleading (IFC), yang merupakan anggota resmi dari World Dance Sport Federation (WDSF). Indonesia sendiri sebenarnya telah total 5 kali berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia, namun baru kali ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan naik podium dan meraih medali perak. Keikutsertaan sebelumnya adalah pada CWC 2009 di Bremen, Germany, 2011 di Hong Kong, 2013 di Thailand, dan 2015 di Berlin, Germany.

Use Facebook to Comment on this Post