Judge Certification

Judge Certification Course, atau Sertifikasi Juri, ditujukan bagi mereka yang telah lulus Class I dan Class II. Materi pengajaran serta ujian yang digunakan adalah sama persis dengan yang digunakan oleh IFC di seluruh dunia (diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia), sehingga bisa dikatakan Pelatih yang mampu lulus sertifikasi Juri ini adalah juri yang qualified di seluruh dunia.

Sertifikasi Juri ini bertujuan untuk mencetak juri yang handal, paham detil tentang standar penilaian, dan memiliki mata yang tajam untuk melihat setiap detil yang terjadi di matras kompetisi.

Sertifikasi Juri ini berlangsung selama 2 hari (durasi sekitar 8 jam), ditambah satu hari untuk ujian tertulis dan ujian praktek. Agar dapat lulus Sertifikasi Juri, peserta harus lulus kedua tes tersebut (Tertulis dan Praktik). Perlu diketahui, standar penilaian untuk Ujian Sertikasi Juri ini sangatlah tinggi, sehingga tidak semua peserta dapat otomatis lulus. Sebagai gambaran kasar, presentansi kelulusan sertifikasi ini sangatlah kecil, di bawah 10%. Ini menunjukkan bahwa Cheerleading adalah olah raga serius yang tidak dapat dipandang sebelah mata, karena memiliki standar yang cukup tinggi.

Hingga saat ini belum pernah diadakan sertifikasi Juri di Indonesia, karena masih menunggu setidaknya 3 orang yang lulus sertifikasi Class II, sebagai syarat untuk mengikuti Judges Certification.

Pelatih yang telah berhasil lulus dan mengantongi sertifikat Juri di Indonesia:

Nomor Nama Lulus Tahun Tempat
1 Oki Trihartomo 2009 Moscow-Rusia
2 Anon Raras Mitayani* 2013 Berlin-Germany

*Catatan: Anon Raras Mitayani saat ini berdomisili di Jerman.

Use Facebook to Comment on this Post