Sertifikasi

Seperti hal dalam olah raga lainnya, pelaku Cheerleading adalah juga atlet yang serius, dan harus melalui proses sertifikasi untuk menjadi Pelatih, Juri, dan Spotter. Sertifikasi dalam FCSI mengadopsi yang diterapkan oleh International Federation of Cheerleading (IFC), yakni dibagi dalam 3 tingkatan:

1. Coach Course Class I (sering disebut “Class I”)
2. Coach Course Class II (sering disebut “Class II”)
3. Judging Certification.

Kesemuanya adalah sertifikasi yang diakui internasional, dengan materi pelajaran maupun ujian yang diseragamkan di seluruh negara anggota IFC. Sertifikasi Class I dan Class II adalah pelatihan dasar untuk PELATIH, yang mengajarkan dasar-dasar tentang safety, teknik dasar dan lanjutan, serta standar-standar untuk dapat menjadi Pelatih Cheerleading yang baik dan benar sesuai standar IFC. Masing-masing pelatihan memakan waktu 2 hari (masing-masing 8 jam), ditambah satu hari untuk Ujian Praktik dan Ujian Tertulis. Standar nilai untuk Ujian Praktek dan Tertulis sangatlah tinggi, sehingga hanya mereka yang benar-benar capable/qualified yang dapat lulus sertifikasi ini.

Selain ketiga sertifikasi di atas, ada pula sertifikasi untuk Spotter, yakni orang yang bertugas untuk menjaga keselamatan Cheerleading di dalam kompetisi. Keberadaan Spotter sering kali terabaikan, padahal sebenarnya sangatlah penting terutama dalam kompetisi, dan sering kali Spotter merupakan penentu apakah seorang Cheerleader dapat terluka serius ataupun dapat selamat tanpa kekurangan apapun.

Untuk informasi detil tentang masing-masing sertifikasi, silahkan klik link di atas.

Use Facebook to Comment on this Post